Kutipan

Asbabun Nuzul Surah Al-Falaq & An-Naas

4 Jan

asbabun nuzul surah alqur’an

tulisan arab alquran surat al falaq ayat 1-51. Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh, 2. dari kejahatan makhluk-Nya, 3. dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, 4. dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul*,
5. dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.”

(Al-Falaq: 1-5)

*Biasanya tukang-tukang sihir dalam melakukan sihirnya membikin buhul-buhul dari tali lalu membacakan jampi-jampi dengan menghembus-hembuskan nafasnya ke buhul tersebut.

tulisan arab alquran surat an naas ayat 1-61. Katakanlah: “Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. 2. raja manusia. 3. sembahan manusia.
4. dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi,
5. yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia,
6. dari (golongan) jin dan manusia.

(An-Naas: 1-6)

Diriwayatkan oleh al-Baihaqi di dalam kitab Dalaa-ilun Nubuwwah, dari al-Kalbi, dari Abu Shalih, yang bersumber dari Ibnu ‘Abbas, bahwa Rasulullah SAW pernah mengalami sakit parah. Maka datanglah kepada beliau dua malaikat, yang satu duduk sebelah kepala beliau dan satu lagi duduk sebelah kaki beliau. Berkatalah malaikat yang duduk di sebelah kaki beliau kepada malaikat yang duduk di sebelah kepala beliau: “Apa yang engkau lihat ?” Ia menjawab, “Beliau terkena guna-guna.” Ia bertanya lagi, “Apa guna-guna itu ?” Ia menjawab, “Guna-guna itu sihir.” Ia bertanya lagi, “Siapa yang membuat sihirnya ?” Ia menjawab, “Labid bin al-Asham al-Yahudi, yang sihirnya merupakan gulungan yang disimpan di dalam sumur keluarga si fulan di bawah sebuah batu besar. Datanglah ke sumur itu, timbalah airnya dan angkatlah batunya, kemudian amblillah gulungannya dan bakarlah.”

Pada pagi harinya Rasulullah SAW mengutus ‘Ammar bin Yasir dan kawan-kawannya. Setibanya di sumur itu, tampaklah airnya merah seperti air pacar. Air itu ditimbanya, diangkat batunya, serta dikeluarkan gulungannya serta gulungannya dibakar. Ternyata di dalam gulungan itu ada tali yang terdiri atas sebelas simpul. Kedua surat ini (al-Falaq dan an-Naas) diturunkan berkenaan dengan hal tersebut. Setia kali Rasulullah mengucapkan satu ayat, terbukalah simpulnya.

Dalam kitab Shahihul Bukhari terdapat syaaHid (penguat) yang ceritanya seperti itu, tapi tidak menyebutkan sebab turunnya kedua surat itu. Namun dalam riwayat lain ada syaHid (penguat) yang ceritanya seperti itu juga dan menyebutkan sebab turunnya kedua surat itu.

Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim di dalam Kitab ad-Dalaa-il, dari Ja’far ar-Razi, dari Ar-Rabi’bin Anas, yang bersumber dari Anas bin Malik bahwa kaum Yahudi membuatkan makanan untuk Rasulullah saw. Setelah memakan makanan itu, tiba-tiba Rasulullah sakit keras, sehingga sahabat-sahabatnya mengira bahwa penyakit itu timbale akibat perbuatan Yahudi itu. Maka turunlah Jibril membawa dua surat ini. Seketika itu juga Rasulullah keluar menemui shahabat-shahabatnya dalam keadaan sehat wal-afiat.

Sumber: “Asbabunnuzul, KHQ Shaleh dkk

Iklan

9 Tanggapan to “Asbabun Nuzul Surah Al-Falaq & An-Naas”

  1. Abdul wahid 21 Desember 2013 pada 15.05 #

    terimakasih ustadz contentnya. izin share…

    • untungsugiyarto 2 Januari 2014 pada 06.33 #

      Terima kasih juga sudah bersedia mampir ke blog saya. Silakan dishare ke seluruh penjuru alam semesta. Semoga bermanfaat.

  2. SMA NURUL FALAAH 28 April 2014 pada 20.25 #

    Assalamu’alaikum, Izin Copas ya ustad, untuk bahan media ajar

  3. saifurroyya 4 Juni 2014 pada 13.06 #

    Artikel yang menarik dan mendidik….

  4. manntoos 22 April 2015 pada 05.29 #

    terimakasih pak sangat sangat membantu, saya jadi lebih tau. Izin save ya pak.

    • untungsugiyarto 22 April 2015 pada 06.10 #

      Terimakasih juga sudah berkunjung. Silakan di-save dan di-share, semoga manfaatnya lebih luas.

  5. agus wijaya 12 Juni 2017 pada 13.54 #

    tERIMAKASIH …
    ASSALAMUALAIKUM WRWR

    • untungsugiyarto 20 Juni 2017 pada 01.53 #

      Sama-sama, terimakasih jg sudah berkunjung. Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaaH.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: