Asbabun Nuzul Surah Fushshilat

17 Jan

asbabun nuzul surah alqur’an

22. Kamu sekali-sekali tidak dapat bersembunyi dari kesaksian pendengaran, penglihatan dan kulitmu kepadamu* bahkan kamu mengira bahwa Allah tidak mengetahui kebanyakan dari apa yang kamu kerjakan.
(Fushshilat: 22)

* mereka itu berbuat dosa dengan terang-terangan Karena mereka menyangka bahwa Allah tidak mengetahui perbuatan mereka dan mereka tidak mengetahui bahwa pendengaran, penglihatan dan kulit mereka akan menjadi saksi di akhirat kelak atas perbuatan mereka.

Diriwayatkan oleh asy-Syaikhaan (al-Bukhari dan Muslim), at-Tirmidzi, Ahmad, dll, yang bersumber dari Ibnu Mas’ud bahwa dua orang Quraisy dan seorang Tsaqif berbantah-bantahan dekat Baitullah. Salah seorang dari mereka berkata: “Bagaimana pendapatmu, apakah Allah mendengar apa yang kita katakan?” Yang lainnya menjawab: “Jika kita berbicaranya nyaring, Ia akan mendengar. Tapi jika berbisik, tentu Ia tidak akan mendengar.” Tapi yang seorang lagi berkata: “Jika Ia dapat mendengar di waktu kita bicara nyaring, pasti Ia pun dapat mendengar bisikan kita.” Allah menurunkan Ayat ini (Fushshilat: 22) yang menegaskan bahwa penglihatan, pendengaran, dan kulit mereka akan menjadi saksi.

40. Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari ayat-ayat kami, mereka tidak tersembunyi dari kami. Maka apakah orang-orang yang dilemparkan ke dalam neraka lebih baik, ataukah orang-orang yang datang dengan aman sentosa pada hari kiamat? perbuatlah apa yang kamu kehendaki; Sesungguhnya dia Maha melihat apa yang kamu kerjakan.
(Fushshilat: 40)

Diriwayatkan oleh Ibnul Mundzir yang bersumber dari Basyir bin Fath bahwa ayat ini (Fushshilat: 40) turun sebagai penjelasan tentang perbedaan antara Abu Jahl (seorang tokoh kafir Quraisy yang pasti masuk neraka) dan ‘Ammar bin Yasir (seorang ‘abid Muslim yang dijamin masuk syurga)

44. Dan Jikalau kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: “Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?” apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: “Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka**. mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh”.
45. Dan Sesungguhnya Telah kami berikan kepada Musa Taurat lalu diperselisihkan tentang Taurat itu. kalau tidak ada Keputusan yang Telah terdahulu dari Rabb-mu, tentulah orang-orang kafir itu sudah dibinasakan. dan Sesungguhnya mereka terhadap Al Quran benar-benar dalam keragu-raguan yang membingungkan.
(Fushshilat: 44-45)

** yang dimaksud Suatu kegelapan bagi mereka ialah tidak memberi petunjuk bagi mereka.

Diriwayatkan oleh Ibnu Jabir yang bersumber dari Sa’id bin Jubair bahwa orang-orang Quraisy berkata: “Mengapa Al-Qur’an tidak diturunkan dalam bahasa ‘ajam (asing) dan bahasa Arab?” Maka turunlah ayat ini (Fushshilat: 44) sebagai jawaban kepada mereka, bahwa walaupun al-Qur’an ini diturunkan bukan dalam bahasa Arab, pasti mereka akan menolak pula dengan meminta perincian lebih lanjut dengan bahasa ‘ajam dan bahasa Arab. Kemudian turunlah ayat selanjutnya (Fushshilat: 45) yang menegaskan bahwa apa pun yang diturunkan Allah, mereka tetap akan memperselisihkannya, sebagaimana terjadi pada Kitab Taurat Musa.

Sumber: Asbabun Nuzul, KHQ Shaleh dkk

Iklan

4 Tanggapan to “Asbabun Nuzul Surah Fushshilat”

  1. dudi sumiadi 30 Mei 2013 pada 10.35 #

    ilmu Allah Swt meliputi segala sesuatu meski yg paling halus sekalipun Allahu Akbar ………

  2. dudi sumiadi 30 Mei 2013 pada 10.38 #

    banyak pengadilan dunia tapi susah mencari keadilan ….. tapi pengadilan akhirat takan bisa lepas meski kebaikan atau keburukan sebesar biji jarah akan ada balasannya …… subhaanalloooh

  3. dudi sumiadi 30 Mei 2013 pada 10.41 #

    subhaanaloh walhamdulillah walaa ilaha illalloh wallahu akbaar ……………..

  4. roat 8 Juni 2014 pada 13.01 #

    allau akbar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: