Asbabun Nuzul Surah Yusuf

25 Jan

asbabun nuzul surah alqur’an

3. “Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al Quran Ini kepadamu, dan Sesungguhnya kamu sebelum (Kami mewahyukan) nya adalah termasuk orang-orang yang belum Mengetahui.”
(Yusuf: 3)

Diriwayatkan oleh al-Hakim dan lain-lain, yang bersumber dari Sa’d bin Abi Waqash bahwa setelah sekian lama turun ayat al-Qur’an kepada Nabi saw. dan dibacakannya kepada para Shahabat, mereka berkata: “Ya Rasulullah, bagaimana jika tuan bercerita kepada kami?” Maka Allah menurunkan, allaahu nazzala ahsanal hadiits..(Allah menurunkan perkataan yang paling baik) sampai akhir ayat (az-Zummar: 23), yang menegaskan bahwa Allah telah menurunkan sebaik-baik cerita. Menurut Ibnu abi Hatim, para shahabat berkata lagi: “Ya Rasulullah, bagaimana jika tuan mengingatkan kami?” Maka Allah menurunkan ayat ini (al-Hadid: 16), yang mengingatkan banyaknya ayat yang telah diturunkan Allah agar mereka menundukkan diri kepada-Nya.

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari Ibnu ‘Abbas dan diriwayatkan pula oleh Ibnu Marduwaih yang bersumber dari Ibnu Mas’ud bahwa para shahabat berkata: “Ya Rasulullah, bagaimana jika tuan mengisahkan sesuatu kepada kami?” Maka Allah menurunkan ayat ini (Yusuf: 3) yang menegaskan bahwa di dalam al-Qur’an sudah terdapat kisah-kisah yang baik sebagai teladan bagi kaum Mukminin.

Sumber: asbabun nuzul, KHQ Shaleh dkk

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: