Asbabun Nuzul Surah Al-Baqarah (17)

11 Feb

asbabun nuzul surah al-qur’an

tulisan arab surah al baqarah ayat 204“Dan di antara manusia ada orang yang ucapannya tentang kehidupan dunia menarik hatimu, dan dipersaksikannya kepada Allah (atas kebenaran) isi hatinya, padahal ia adalah penantang yang paling keras.” (al-Baqarah: 204)

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim dari Sa’id atau ‘Ikrimah yang bersumber dari Ibnu ‘Abbas. Bahwa ketika pasukan kaum Muslimin (di antaranya terdapat ‘Ashim dan Murtsid) terdesak, berkatalah dua orang munafik: “Celakalah mereka yang terpedaya oleh ajakan Muhammad sehingga terbunuh dan akibatnya tidak merasakan hidup tentram lagi bersama keluarganya, ataupun melanjutkan tuntunan agamanya.” Maka Allah menurunkan ayat tersebut di atas (al-Baqarah: 204) sebagai peringatan kepada kaum Muslimin agar tidak tertarik oleh bujukan manis tentang kehidupan dunia.

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari as-Suddi. Bahwa al-Akhnas bin Syariq (seorang anggota komplotan Zukhra yang memusuhi Rasulullah) datang kepada Nabi saw. mengutarakan maksudnya untuk masuk Islam dengan bahasa yang sangat menarik sehingga Nabi sendiri mengaguminya. Di kala pulang dari rumah Rasulullah, ia melewati kebun dan ternak kaum Muslimin. Ia membakar tanamannya dan membunuh ternak-ternaknya. Maka turunlah ayat tersebut di atas (al-Baqarah: 204), mengingatkan kaum Muslimin akan bahaya tipu daya mulut manis.

tulisan arab surah al baqarah ayat 207“Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya Karena mencari keridhaan Allah; dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-hamba-Nya.” (al-Baqarah: 207)

Diriwayatkan oleh al-Harits bin Abi Usamah di dalam Musnad-nya dan Ibnu Abi Hatim, yang bersumber dari Sa’id bin al-Musayyab. Diriwayatkan pula oleh al-Hakim di dalam kitab al-Mustadrak, dari Ibnul Musayyab yang bersumber dari Shuhaib. Hadits ini maushuul. Diriwayatkan pula oleh al-Hakim yang bersumber dari ‘Ikrimah, hadits ini mursal. Diriwayatkan pula oleh al-Hakim yang bersumber dari Hammad bin Salamah, dari Tsabit, yang bersumber dari Anas. Dalam hadits ini lebih dijelaskan lagi ihwal turunnya ayat, dan dinyatakan bahwa hadits ini shahih menurut syarat Muslim. Diriwayatkan pula oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari ‘Ikrimah, dan dinyatakan bahwa turunnya ayat ini tentan Shuhaib, Abu Dzarr, dan Jundub bin as-Sakan, seorang keluarga Abu Dzarr. Bahwa ketika Shuhail hijrah ke Madinah mengikuti Nabi saw., ia dikejar oleh sepasukan kaum Quraisy. Ia turun dari kendaraannya dengan panah siap di tangan, ia berkata: “Wahai kaum Quraisy, kalian semua tahu, akulah pemanah ulung. Demi Allah, kalian tidak akan sampai kepadaku selagi panah dan pedang ada di tanganku. Sekarang pilihlah satu di antara dua: kalian mati terbunuh atau memiliki harta bendaku di Mekah, dengan membiarkan aku hijrah ke Madinah.” Mereka memilih harta dan membiarkan Shuhaib pergi.
Sesampainya di hadapan Nabi saw., ia menceritakan apa yang telah terjadi. Maka turunlah ayat tersebut di atas (al-Baqarah: 207), dan Nabi pun bersabda: “Untung perdaganganmu itu, ya Aba Yahya! Enkgkau telah beruntung, ya Aba Yahya!”

tulisan arab surah al baqarah ayat 208“Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.” (al-Baqarah: 208)

Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir yang bersumber dari ‘Ikrimah. Bahwa sekelompok kaum Yahudi menghadap Rasulullah saw. hendak beriman, namun meminta agar dibiarkan merayakan hari Sabtu dan mengamalkan kitab Taurat pada malam hari. Mereka menganggap bahwa hari Sabtu merupakan hari yang harus dimuliakan, dan kitab Taurat adalah kitab yang diturunkan oleh Allah juga. Maka turunlah ayat tersebut di atas (al-Baqarah: 208), agar tidak mencampur baurkan agama.
Orang-orang Yahudi yang menghadap itu ialah: ‘Abdullah bin Salam, Tsa’labah, Ibnu Yamin, Asad bin Ka’b, Usaid bin Ka’b, Sa’id bin ‘Amr, dan Qais bin Zaid.

tulisan arab surah al baqarah ayat 214“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, Sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.” (al-Baqarah: 214)

Diriwayatkan oleh ‘Abdurrazzaq dari Ma’mar yang bersumber dari Qatadah. Bahwa turunnya ayat tersebut di atas (al-Baqarah: 214) bersangkutan dengan peristiwa perang Ahzab. Ketika itu Nabi saw. mendapat berbagai kesulitan yang sangat hebat dan kepungan musuh yang sangat ketat. Ayat ini menunjukkan bahwa perjuangan itu meminta pengorbanan.

tulisan arab surat albaqarah ayat 215“Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: ‘Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.’ dan apa saja kebaikan yang kamu buat, Maka Sesungguhnya Allah Maha mengetahuinya.” (al-Baqarah: 215)

Diriwayatkan oleh Ibu Jarir yang bersumber dari Ibnu Juraij. Bahwa kaum Muslimin bertanya kepada Rasulullah saw.: “Dimana kami tabungkan (infakkan) harta benda kami, ya Rasulallah?” Sebagai jawabannya, turunlah ayat tersebut di atas (al-Baqarah: 215).

Diriwayatkan oleh Ibnul Mundzir yang bersumber dari Abu Hayyan. Bahwa ‘Umar bin al-Jamuh bertanya kepada Nabi saw.: “Apa yang mesti kami infakkan, dan kepada siapa diberikan?” Sebagai jawabannya turunlah ayat tersebut (al-Baqarah: 215).

Sumber: Al-Qur’anul Kariim;
Asbabun Nuzul, KHQ Shaleh dkk;

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: