Takut dan Berbaik Sangka Kepada Allah

3 Mei

Riyadhush Shalihin; Imam Nawawi; al-Qur’an-Hadits

Allah berfirman tentang hamba-Nya yang shalih: “Dan aku menyerahkan urusanku kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat terhadap hamba-hamba-Nya. Maka Allah memeliharanya dari kejahatan tipu daya mereka.” (al-Mukmin: 44-45)

Dari Abu Hurairah ra. dari Nabi saw. beliau bersabda: “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: ‘Aku menurut sangkaan hamba-Ku dan Aku senantiasa bersamanya selama ia mengingat Aku. Demi Allah, Allah lebih senang menerima tobat hamba-Nya melebihi senangnya seseorang di antara kalian yang menemukan kembali barangnya yang telah hilang di tengah padang pasir. Siapa saja mendekat kepada-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekat kepadanya sehasta, dan siapa saja yang mendekat kepada-Ku sehasta maka aku mendekat kepadanya sedepa, dan apabila ia datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku datang kepadanya dengan berlari.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dari Jabir bin Abdullah ra. ia berkata: Saya mendengar Nabi saw. bersabda sebelum tiga hari kemudian beliau meninggal: “Jangan sekali-sekali salah seorang di antara kamu mati, kecuali ia berbaik sangka kepada Allah ‘Azza wa Jalla.” (HR Muslim)

Dari Anas ra. ia berkata: Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: “Allah Ta’ala berfirman: ‘Hai anak Adam, selama kamu berdoa dan berharap kepada-Ku, pasti Aku ampuni dosa yang telah kamu perbuat, dan Aku tidak peduli berapapun banyaknya. Hai anak Adam, andaikan dosa-dosamu bagaikan awan di langit, kemudian kamu memohon ampun kepada-Ku, pasti Aku mengampunimu. Hai anak Adam, sesungguhnya andaikan kamu datang kepada-Ku dengan membawa dosa seisi bumi, kemudian kamu menghadap Aku sedangkan kamu tidak menyekutukan Aku, maka Aku akan mengampuni dosa yang seisi bumi banyaknya itu.” (HR Tirmidzi)

Allah berfirman: “Tiada yang merasa aman dari azab Allah kecuali orang-orang yang rugi.” (al-A’raaf: 9)

Allah berfirman: “Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yag kafir.” (Yusuf: 87)

Allah berfirman: “Pada hari di waktu ada muka yang menjadi putih berseri, dan ada pula muka yang menjadi hitam muram.” (Ali Imraan: 106)

Allah berfirman: “Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksa-Nya, dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (al-An’am: 165)

Allah berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang banyak berbakti, benar-benar berada dalam surga yang penuh kenikmatan dan sesungguhnya orang-orang yang durhaka benar-benar berada dalam neraka.” (al-Iftithar: 13-14)

Firman Allah: “Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (yaitu) api yang sangat panas.” (al-Qaari’ah: 6-11)

Dari Abu Hurairah ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Andaikan orang mukmin mengetahui siksaan yang disediakan oleh Allah, pasti tidak ada seorangpun yang berharap masuk surga-Nya. Dan andai saja orang kafir mengetahui rahmat yang dikaruniakan oleh Allah pasti tidak ada seorangpun yang berputus asa dari rahmat-Nya.” (HR Muslim)

Dari Abu Sa’id al-Khudriy ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Apabila jenazah itu diletakkan di atas bahu, dibawa oleh orang-orang yang memikulnya, jika jenazah itu baik niscaya ia berkata: “Cepatlah, cepat antarkan aku.” Namun apabila jenazah itu tidak baik maka ia berkata: “Aduh celaka, akan dibawa kemana aku ini?” semua makhluk mendengar suara jenazah itu kecuali manusia, andaikan manusia itu mendengar pasti pingsan.” (HR Bukhari)

Dari Ibnu Mas’ud ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Surga itu amat dekat kepada salah seorang di antara kamu melebihi dekatnya tali sepatunya. Dan demikian pula dengan neraka.” (HR Bukhari)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: