Tasfir Al-Qur’an Surah Az-Zukhruf (2)

3 Jun

Tafsir Ibnu Katsir Surah Az-zukhruf (Perhiasan)
Surah Makkiyyah; Surah ke 43: 89 ayat

Kemudian Allah Jalla wa ‘Alaa berfirman memberikan hiburan kepada Nabi-Nya saw. dari pendustaan kaumnya yang mendustakan dan memerintahkannya untuk tetap sabar terhadap mereka. Wa kam arsalnaa min nabiyyin fil awwaliin (“Berapa banyaknya Nabi-Nabi yang telah Kami utus kepada umat-umat terdahulu.”) yaitu umat-umat yang terdahulu. Wa maa ya’tiiHim min nabiyyin illaa kaanuu biHii yastaHzi-uun (“Dan tidak ada seorang Nabi pun datang kepada mereka melainkan mereka selalu memperolok-olokannya.”) yaitu mendustakan dan mengejeknya.

Firman Allah: fa aHlaknaa asyadda minHum bathsyan (“Maka telah Kami binasakan orang-orang yang lebih besar kekuatannya dari mereka itu.”) yaitu Kami telah binasakan orang-orang yang mendustakan para Rasul, sekalipun mereka lebih hebat kekuatannya daripada orang-orang yang mendustakanmu itu, wahai Muhammad.

Firman Allah: wa madlaa matsalul awwaliina (“Dan telah terdahulu perumpamaan-perumpamaan umat-umat masa dahulu”) Mujahid berkata: “Yaitu, sunnah [perjalanan hidup] mereka.” Qatadah berkata: “Yaitu hukuman mereka.” Ulama selain keduanya berkata: “Yaitu, pelajaran mereka, maknanya: Kami jadikan mereka sebagai pelajaran bagi orang-orang yang mendustakan [para Rasul] sesudah mereka tentang apa yang akan menimpa mereka. Seperti firman Allah di akhir surah ini: fa ja-‘alnaaHum salafaw wa matsalal lil aakhiriina (“Dan Kami jadikan mereka sebagai pelajaran dan contoh bagi orang-orang yang kemudian.”)

tulisan arab alquran surat az zukhruf ayat 9-14“9. dan sungguh jika kamu tanyakan kepada mereka: “Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?”, niscaya mereka akan menjawab: “Semuanya diciptakan oleh yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” 10. yang menjadikan bumi untuk kamu sebagai tempat menetap dan Dia membuat jalan-jalan di atas bumi untuk kamu supaya kamu mendapat petunjuk. 11. dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti Itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur). 12. dan yang menciptakan semua yang berpasang-pasangan dan menjadikan untukmu kapal dan binatang ternak yang kamu tunggangi. 13. supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan supaya kamu mengucapkan: “Maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi Kami Padahal Kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, 14. dan Sesungguhnya Kami akan kembali kepada Tuhan kami.” (az-Zukhruf: 9-14)

Firman Allah bahwa: Sesungguhnya jika engkau, hai Muhammad, bertanya kepada kaum musyrikin itu tentang Allah yang mereka sembah bersama yang lain-Nya; man khalaqas samaawaati wal ardla layaquulunna khalaqaHunnal ‘aziizul ‘aliim (“Siapakah yang menciptakan langit dan bumi? Niscaya mereka akan menjawab: Semuanya diciptakan oleh Yang Mahaperkasa lagi Mahamengetahui.”) yaitu niscaya mereka mengakui bahwa Mahapencipta semua itu adalah Allah Mahaesa Yang tidak ada sekutu bagi-Nya, walaupun di samping itu mereka menyembah selain Allah berupa patung-patung dan berhala bersama-Nya.

Kemudian Allah berfirman: alladzii ja-‘ala lakumul ardla maHdan (“Yang menjadikan bumi untukmu sebagai tempat menetap.”) yaitu berupa hamparan yang kokoh, tempat kalian berjalan, berdiri, tidur dan beraktifitas di dalamnya. Walaupun dia diciptakan di atas gelombang air, akan tetapi dia dikokohkan oleh gunung-gunung, agar tidak menggoncangkan. Wa ja-‘ala lakum fiiHaa subulan (“Dan Dia membuat jalan-jalan di atas bumi untukmu”) yaitu jalan-jalan yang berada di antara gunung-gunung dan lembah. La-‘allakum taHtaduun (“Agar kalian mendapatkan petunjuk.”) dalam menempuh perjalanan kalian dari suatu negeri ke negeri lain, dari satu daerah ke daerah lain dan dari satu benua ke benua lain.
Wal ladzii nazzala minas samaa-i maa-am biqadarin (“Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar [yang diperlukan].”) yaitu sesuai dengan apa yang diperlukan bagi tanam-tanaman dan buah-buahan, serta untuk minuman kalian dan binatang ternak kalian.

Firman Allah: fa ansyarnaa biHii baldatam maitan (“Lalu kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati.”) tanah gersang, dimana ketika air datang, dia tumbuh subur dan menumbuhkan setiap pohon yang indah. Kemudian dengan dihidupkannya tanah, Allah Ta’ala mengingatkan tentang dihidupkannya jasad-jasad pada hari kiamat setelah datangnya kematian. Dia berfirman: kadzaalika tukhrajuun (“Seperti itulah kamu akan dikeluarkan [dari dalam kubur].”)

Kemudian Allah berfirman: walladzii khalaqal azwaaja kullaHaa (“Dan Yang menciptakan semua yang berpasang-pasangan”) yaitu dari berbagai jenis yang tumbuh di muka bumi berupa tumbuh-tumbuhan, tanam-tanaman, buah-buahan, bunga-bunga dan lain-lain, serta berbagai hewan dengan berbagai jenis dan macam yang berbeda-beda. Wa ja-‘ala lakum minal fulki (“Dan menjadikan untukmu kapal”) yaitu kapal-kapal. Wal an-‘aami maa tarkabuun (“dan binatang ternak yang kamu kendarai”) yaitu Dia tundukkan, Dia atur dan Dia mudahkan semua itu untuk kalian agar kalian dapat memakan dagingnya, dapat kalian minum susunya dan dapat kalian kendarai. Untuk itu Allah berfirman: litastawu ‘alaa dhuHuuriHi (“Supaya kamu duduk di atas punggungnya”) agar kalian dapat duduk dengan tenang, mantap dan membonceng orang lain. ‘alaa dhuHuuriHi (“Di atas punggungnya”) yaitu di atas punggung binatang jenis tersebut. Tsumma tadzkuruu ni’mata rabbikum (“Kemudian kamu ingat nikmat Rabb-mu”) yaitu dengan apa yang telah Dia tundukkan untuk kalian.

Idzas tawaitum ‘alaiHi wa taquuluu subhaanalladziii sakh-khara lanaa Haadzaa wa maa kunnaa laHuu muqriniin (“Apabila kamu telah duduk di atasnya, dan supaya kamu mengucapkan: Mahasuci Dia yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya.”) yaitu tidak mampu mengendalikannya. Seandainya bukan karena Allah yang menundukkannya kepada kami, niscaya kami tidak mampu menguasainya.
Ibnu ‘Abbas, Qatadah, as-Suddi dan Ibnu Zaid mengatakan: “Muqriniin; yaitu mampu.”

(berambung ke bagian 3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: