Sunnah Puasa Tiga Hari Tiap Bulan

7 Jun

Riyadhush Shalihin; Imam Nawawi; hadits

Puasa tiga hari yang paling utama adalah pada Ayyamul Bidl [hari-hari terang], yaitu tanggal 13, 14, dan tanggal 15. Ada pula yang berpendapat bahwa [Ayyamul Bidl] itu adalah 12, 13 dan tanggal 14. Tetapi pendapat yang pertama yang shahih dan masyur.

Dari Abu Hurairah ra. ia berkata: “Kekasihku [Nabi Muhammad saw] berpesan kepadaku untuk berpuasa tiga hari tiap bulan, dan dua rakaat Dluha dan shalat Witir sebelum saya tidur.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Darda’ ra. ia berkata: “Kekasihku [Nabi Muhammad saw.] berpesan kepadaku untuk tidak meninggalkan tiga macam selama saya masih hidup, yaitu: puasa tiga hari setiap bulan, shalat Dluha dan agar saya tidak tidur sebelum mengerjakan shalat Witir.” (HR Muslim)

Dari Abdullah bin Amr bin Ash ra. ia berkata: “Puasa tiga hari setiap bulan, bagaikan puasa sepanjang masa.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dari Mu’adzah al-Adawiyyah bahwasannya ia pernah bertanya kepada ‘Aisyah ra.: “Adakah Rasulullah saw. berpuasa tiga hari setiap bulan?” ‘Aisyah menjawab: “Ya.” Saya [Mu’adzah] bertanya: “Dari bulan apakah beliau berpuasa?” ‘Aisyah menjawab: “Saya tidak memperhatikan dari bulan yang manakah beliau berpuasa.” (HR Muslim)

Dari Abu Dzar ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Apabila kamu berpuasa pada tiga hari setiap bulan, maka berpuasalah pada hari ketiga belas, keempat belas dan kelima belas.” (HR Turmudzi)

Dari Qatadah bin Milhan ra. ia berkata: Rasulullah saw. menyuruh kami untuk berpuasa pada Ayyamul Bidl yaitu tanggal 13, 14 dan 15.” (HR Abu Dawud)

Dari Ibnu ‘Abbas ra. ia berkata: Rasulullah saw. tidak pernah berbuka [artinya berpuasa] pada Ayyamul Bidl baik beliau berada di rumah maupun sedang dalam bepergian.” (HR Nasa’i)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: