Shalat Istisqa (Minta Hujan)

11 Jul

Kajian Fiqih Empat Imam madzab
Syaikh al-‘Allamah Muhammad bin ‘Abdurrahman ad-Dimasyqi

Empat Imam madzab sepakat bahwa berdoa meminta hujan disunnahkan. Namun, mereka berbeda pendapat tentang apakah untuk meminta hujan tersebut disunnahkan shalat atau tidak. Menurut Syafi’i, Maliki, dan para ulama pengikut Hanafi: disunnahkan shalat secara berjamaah. Hanafi: tidak disunnahkan shalat,tetapi imam keluar menuju ke suatu tempat kemudian berdoa saja. jika orang-orang mengerjakan shalat sendiri-sendiri, hal itu dibolehkan.

Para imam madzab yang memandang shalat istisqa itu sunnah berbeda pendapat tentang sifat-sifat shalat tersebut. Syafi’i dan Hambali: seperti shalat ‘id dan bacaannya dikeraskan. Maliki: sifat shalat istisqa ialah dua rakaat seperti shalat-shalat dua rakaat yang lain, dan dikeraskan bacaannya.

Apakah disunnahkan khutbah pada shalat istisqa? Maliki dan Syafi’i dan pendapat Hambali yang dipilih oleh ulama pengikutnya: disunnahkan dua khutbah, dan waktunya adalah sesudah shalat. Khutbah kedua dibuka dengan istighfar sebagaimana khutbah dalam shalat ‘id. Menurut Hanafi dan Hambali dalam riwayat yang ditetapkannya sendiri: tidak ada khutbah padanya, melainkan cukup berdoa dan istighfar.

Disunnahkan memindahkan selendang pada khutbah kedua, baik bagi imam maupun makmum, kecuali menurut Hanafi yang berpendapat: tidak mustahab. Abu Yusuf berpendapat: disyariatkan memindahkan selendang bagi imam saja, tidak bagi makmum.

Para imam mujtahid sepakat: apabila pada hari pertama tidak turun hujan, hendaknya diulangi lagi shalat istisqa pada hari kedua dan ketiga. Mereka pun sepakat bahwa apabila orang-orang mendapat kemudlaratan karena sangat banyak hujan, maka dusunnahkan memohon kepada Allah swt. supaya hujan dihentikan.

Sekian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: