Tafsir Ibu Katsir Surah Fushshilat (7)

15 Agu

Tafsir Al-Qur’an Surah Fushshilat (Yang Dijelaskan)
Surah Makkiyyah; Surah ke 41: 54 ayat

tulisan arab alquran surat fushilat ayat 25-29“Dan Kami tetapkan bagi mereka teman-teman yang menjadikan mereka memandang bagus apa yang ada di hadapan dan di belakang mereka dan tetaplah atas mereka keputusan azab pada umat-umat yang terdahulu sebelum mereka dari jinn dan manusia, Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang merugi. Dan orang-orang yang kafir berkata: “Janganlah kamu mendengar dengan sungguh-sungguh akan Al Quran ini dan buatlah hiruk-pikuk terhadapnya, supaya kamu dapat mengalahkan mereka”. Maka Sesungguhnya Kami akan merasakan azab yang keras kepada orang-orang kafir dan Kami akan memberi Balasan kepada mereka dengan seburuk-buruk pembalasan bagi apa yang telah mereka kerjakan. Demikianlah Balasan terhadap musuh-musuh Allah, (yaitu) neraka; mereka mendapat tempat tinggal yang kekal di dalamnya sebagai Balasan atas keingkaran mereka terhadap ayat-ayat kami. Dan orang-orang kafir berkata: “Ya Rabb Kami perlihatkanlah kepada Kami dua jenis orang yang telah menyesatkan Kami (yaitu) sebagian dari jinn dan manusia agar Kami letakkan keduanya di bawah telapak kaki Kami supaya kedua jenis itu menjadi orang-orang yang hina”. (Fushshilat: 25-29)

Allah menyebutkan bahwa Dia-lah yang menyesatkan kaum musyrikin dan semua itu dengan kehendak, ketentuan dan kekuasaan-Nya; Dia-lah yang Mahabijaksana dalam perbuatan-perbuatan-Nya, dengan menetapkan bagi mereka teman-teman pendamping dari setan-setan manusia dan jin. Fazayyanuu laHum maa baina aidiiHim wa maa khalfaHum (“Yang menjadikan mereka memandang bagus apa yang ada di hadapan dan di belakang mereka.”) yakni membuat mereka menganggap bagus amal-amal mereka yang telah lalu, sedangkan untuk masa yang akan datang mereka tidak melihat diri mereka melainkan orang-orang yang berbuat baik. Sebagaimana firman Allah: “Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan yang Maha Pemurah (Al Quran), Kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) Maka syaitan Itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya. Dan Sesungguhnya syaitan-syaitan itu benar-benar menghalangi mereka dari jalan yang benar dan mereka menyangka bahwa mereka mendapat petunjuk.” (az-Zukhruf: 36-37)

Dan firman Allah: wa haqqa ‘alaiHimul qaulu (“Dan tetaplah atas mereka keputusan adzab.”) yaitu tetaplah atas mereka keputusan adzab sebagaimana yang ditetapkan umat-umat yang terdahulu sebelum mereka dari bangsa jin dan manusia, sesungguhnya mereka golongan orang-orang yang merugi. Artinya, mereka semua sama-sama dalam kerugian dan kehancuran.

Firman Allah: wa qaalaladziina kafaruu laa tasma’uu liHaadzal qur-aani (“Dan orang-orang yang kafir berkata: ‘Janganlah kamu mendengar dengan sungguh-sungguh akan al-Qur’an ini.”) maksudnya, di antara mereka saling berpesan agar tidak mentaati al-Qur’an dan tidak tunduk kepada perintah-perintahnya.
Wal ghaufiiHi (“Dan buatlah hiruk pikuk terhadapnya.”) artinya, jika al-Qur’an dibacakan maka janganlah kalian dengarkan. Sebagaimana dikatakan oleh Mujahid: “Dan buatlah hiruk pikuk terhadapnya, yakni dengan bersiul dan bertepuk tangan serta mencampuraduk perkataan terhadap Rasulullah saw.” jika beliau membaca al-Qur’an, orang-orang Quraisy melakukannya.
Adl-Dhahhak berkata dari Ibnu Abbas: “wal ghaufiiHi; yaitu ejeklah dia.”

La’allakum taghlibuun (“Supaya kamu dapat mengalahkan [mereka].”) inilah kondisi orang-orang kafir yang bodoh dan orang-orang yang menempuh sikap yang sama dengan mereka ketika mendengarkan al-Qur’an. Untuk itu Allah memerintahkan hamba-Nya yang beriman agar tidak bersikap demikian dengan firman-Nya: wa idzaa quri-al qur-aanu fastami’uu laHu wa anshituu la’allakum turhamuun (“Dan apabila dibacakan al-Qur’an, maka dengarlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” (al-A’raaf: 204)

Kemudian Allah berfirman dalam rangka membela al-Qur’an dan mencela orang-orang kafir yang menentangnya: falanudziiqannalladziina kafaruu ‘adzaaban syadiidan (“Maka sesungguhnya Kami akan merasakan kepada orang-orang kafir adzab yang keras.”) yaitu sebagai balasan atas sikap mereka terhadap al-Qur’an dan ketika mereka mendengarnya. Wa lanajziyannaHum aswa-alladzii kaanuu ya’maluun (“Dan Kami akan memberi balasan kepada mereka dengan seburuk-buruk pembalasan bagi apa yang telah mereka kerjakan.”) yakni disebabkan keburukan amal-amal mereka dan kejelekan sikap-sikap mereka.

Firman Allah: dzaalika jazaa-u a’daa-illaaHin naaru laHum fiiHaa daarul khuldi jazaa-am bimaa kaanuu bi aayaatinaa yajhaduun. Wa qaalalladiina kafaruu rabbanaa arinal ladzaini a-dlallanaa minal jinni wal insi naj’alHumaa tahta aqdaaminaa liyakuunaa minal asfaliin (“Ya Rabb Kami perlihatkanlah kepada Kami dua jenis orang yang telah menyesatkan Kami (yaitu) sebagian dari jinn dan manusia agar Kami letakkan keduanya di bawah telapak kaki Kami supaya kedua jenis itu menjadi orang-orang yang hina”)

Sufyan ats-Tsauri berkata dari Salamah bin Kuhail, dari Malik bin al-Hushain al-Fazari, dari ayahnya tentang firman Allah: alladzaaini a-dlallanaa (“Dua orang yang menyesatkan kami.”) Ali berkata: “Iblis dan anak Adam yang membunuh saudaranya.”)

Diriwayatkan pula senada dengan ini oleh al-Aufi dari ‘Ali. As-Suddi menuturkan bahwa Ali berkata: “Iblis diseru demikian oleh pelaku syirik dan anak Adam pun diseru demikian oleh setiap pelaku dosa besar. Karena iblis adalah penyeru kepada segala keburukan, dari syirik hingga yang lebih rendah darinya, sedangkan anak Adam yang pertama sebagaimana yang tercantum di dalam hadits: “Tidak ada satu jiwa pun terbunuh secara dhalim kecuali anak Adam yang pertama menanggung pula darahnya. Karena dialah orang pertama kali melakukan pembunuhan.”

Perkataan mereka: naj’alHumaa tahta aqdaaminaa (“Agar kami letakkan keduanya di bawah telapak kaki kami.”) yaitu di bawah kami dalam siksaan, agar keduanya mendapat siksa yang lebih keras dari kami. Untuk itu mereka berkata: liyakuunaa minal asfaliin (“Supaya kedua jenis itu menjadi orang-orang yang hina.”) yaitu di dasar terbawah api neraka.

Bersambung ke bagian 8

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: