Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Ahzab (31)

20 Agu

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)
Surah Maddaniyyah; surah ke 33: 73 ayat

Sesungguhnya kami telah meriwayatkan kewajiban tersebut dan perintah bershalawat kepada Rasulullah saw. di waktu shalat, sebagaimana dhahir ayat tersebut serta penafsiran hadits tersebut dari sekelompok sahabat, seperti Ibnu Mas’ud, Abu Mas’ud al-Badri dan Jabir bin ‘Abdillah.

Sedangkan di kalangan Tabi’in adalah; asy-Sya’bi, Abu Ja’far al-Baqir dan Muqatil bin Hayyan dan itulah pendapat Imam asy-Syafi’i, tidak ada perbedaan pendapat dalam hal ini serta di kalangan para shahabatnya. Itulah yang dipegang oleh Imam Ahmad pada akhirnya, seperti yang dikutip oleh Abu Zur’ah ad-Dimasyqi. Itu pulalah yang dikatakan oleh Ishaq bin Rahawaih, al-Faqih Imam Muhammad bin Ibrahim yang dikenal dengan Ibnul Mawaz al-Maliki.

Pendapat yang mengatakan wajib merupakan dhahir haidts. Yang penting adalah bahwa pendapat Imam Syafi’i tentang kewajiban bershalawat kepada Nabi saw. merupakan pendapat ulama Salaf dan Khalaf, sebagaimana pada penjelasan yang lalu. Segala puji bagi Allah. Maka tidak ada ijma’ yang berbeda dengan pendapat tersebut, baik pada masa lalu maupun sekarang. Di antara dalil yang mendukung hal tersebut adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Abu Dawud dan at-Tirmidzi serta dishahihkannya, an-Nasa’i, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban dalam shahihnya, bahwa Fadhalah bin ‘Ubaid berkata: Rasulullah saw. mendengar seseorang berdoa di waktu shalatnya, dimana dia tidak memuji Allah dan tidak bershalawat kepada Nabi saw. Maka Rasulullah saw. bersabda: “Laki-laki ini terlalu tergesa-gesa.” Kemudian beliau memanggilnya dan berkata kepadanya juga kepada yang lain: “Jika salah seorang kalian berdoa, maka mulailah dengan mengagungkan Allah swt. dan memujinya. Kemudian bershalawat kepada Nabi, kemudian berdoa setelah itu apa yang engkau mau.”

Hadits lain, Imam Ahmad meriwayatkan bahwa ‘Ashim bin ‘Ubaidillah berkata, aku mendengar ‘Abdullah bin ‘Amir bin Rabi’ah bercerita, bahwa ayahnya berkata, aku mendengar Rasulullah saw. bersabda: “Barangsiapa yang bershalawat satu shalawat kepadaku, niscaya para malaikat bershalawat kepadanya selama ia bershalawat kepadaku. Maka seorang hamba berbuat seperti itu sedikit atau banyak.” (diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari hadits Syu’bah)

Hadits lain, Abu ‘Isa at-Tirmidzi meriwayatkan dari ‘Abdullah bin Mas’ud, bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Manusia paling utama bagiku pada hari kiamat adalah yang paling banyak bershalawat kepadaku.” (at-Tirmidzi meriwayatkannya sendiri. Kemudian dia berkata: “haidts ini hasan gharib.”)

At-Tirmidzi meriwayatkan dari Thufail bin Ubay bin Ka’ab, bahwa ayahnya berkata, Rasulullah saw. jika telah melewati dua pertiga malam, beliau bangun dan berkata: “Hai manusia, ingatlah Allah, ingatlah Allah. Telah datang tiupan pertama menggoncangkan alam yang diiringi oleh tiupan kedua. Di dalamnya datang kematian, di dalamnya datang kematian.”
‘Ubay bertanya: “Ya Rasulallah, sesungguhnya aku memperbanyak shalawat kepadamu. Berapa banyak aku harus bershalawat kepadamu?” Beliau menjawab: “Sesuai yang engkau kehendaki.” Aku bertanya: “Seperempat?” Beliau menjawab: “Terserah kamu. Jika engkau tambah itu lebih baik bagimu.” Aku bertanya: “Setengah?” Beliau menjawab: “Terserah kamu. Jika engkau tambah itu lebih baik bagimu.” Aku bertanya: “Dua pertiga?” Beliau menjawab: “Terserah kamu. Jika engkau tambah itu lebih baik bagimu.” Aku berkata: “Kalau begitu aku akan bershalawat untukmu seluruhnya.” Beliau bersabda: “Dengan itu, semangatmu sungguh telah cukup dan dosamu akan diampuni.” (kemudian at-Tirmidzi berkata: “Hadits ini hasan.”)

Jalan lain, Imam Ahmad meriwayatkan, bahwa ‘Abdurrahman bin Auf berkata, Rasulullah saw. berdiri menghadap tempat shalat sunnahnya. Kemudian beliau menghadap kiblat, lalu beliau tersungkur sujud dan lama sekali di dalam sujudnya, sehingga aku mengira bahwa Allah telah merenggut nyawanya. Lalu aku mendekatinya, kemudian aku duduk. Maka beliau mengangkat kepalanya dan berkata: “Siapa ini?” aku menjawab: “’Abdurrahman.” Beliau bertanya: “Ada apa denganmu?” aku menjawab: “Ya Rasulallah, engkau melakukan sujud yang aku khawatir Allah telah merenggut nyawamu.” Beliau bersabda: “Sesungguhnya Jibril mendatangiku dan memberikan kabar keapadaku [ia mengatakan], bahwa Allah swt. berkata kepadamu: ‘Barangsiapa yang bershalawat kepadamu, niscaya Aku akan bershalawat kepadany. Dan barangsiapa yang mengucapkan salam kepadamu, niscaya Aku akan mengucapkan salam kepadanya.’ Lalu aku pun bersujud kepada Allah swt. sebagai tanda syukur.” (HR Isma’il bin Ishaq al-Qadli di dalam kitabnya)

Hadits lain, Imam Ahmad meriwayatkan bahwa Abu Thalhah al-Anshari berkata: “Suatu pagi terlihat ketenangan jiwa Rasulullah saw. dari wajahnya yang cerah. Mereka bertanya: ‘Ya Rasulallah, pagi ini engkau begitu senang dan terlihat rasa gembira pada wajahmu.” Beliau menjawab: “Betul, utusan Rabb-ku telah datang kepadaku, ia berkata: ‘Barangsiapa di antara umatmu bershalawat kepadamu satu shalawat, niscaya Allah mencatat baginya sepuluh kebaikan, menghapus sepuluh keburukan dan mengangkat sepuluh derajat dan menjawabnya dengan [hal] yang sama.’” (ini pun isnad yang jayyid)

Hadits lain, Imam Muslim, Abu Dawud, at-Tirmidzi dan an-Nasa’i meriwayatkan dari hadits Isma’il bin Ja’far, dari al-‘Ala bin ‘Abdurrahman, dari ayahnya, bahwa Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda: “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (at-Tirmidzi berkata: “Hadist ini hasan shahih.”)

Hadits lain, Abu Dawud ath-Thayalisi meriwayatkan, bahwa Anas berkata, Rasulullah saw. bersabda: “Barangsiapa yang aku disebut di sisinya, maka hendaklah ia bershalawat kepadaku. Dan barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR An-Nasa’i di dalam ‘Amalul Yaum wal-Lailah, dari hadits Abu Dawud ath-Thayalisi.)

Bersambung ke bagian 32

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: