Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Ahzab (8)

20 Agu

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Ahzab (Golongan Yang Bersekutu)
Surah Maddaniyyah; surah ke 33: 73 ayat

Fa idzaa jaa-al khaufu ra-aitaHum yandhuruuna ilaika taduuru a’yunuHum kalladzii yughsyaa ‘alaiHi minal mauti (“Apabila datang ketakutan [bahaya], kamu lihat mereka itu memandang kepdamu dengan mata yang terbalik-balik seperti orang yang pingsan karena akan mati.”) yaitu karena sangat takut dan kagetnya. Demikianlah ketakutan mereka yang pengecut untuk terjun dalam peperangan.

Fa idzaa dzaHabal khaufu salaquukum bi alsinatin hidaadin (“Dan apabila ketakutan telah hilang, mereka mencacimu dengan lidah yang tajam.”) yaitu jika keamanan sudah tercipta, maka mereka berbicara dengan sangat indah, fasih dan lantang. Mereka menyatakan diri mereka dengan kedudukan tinggi dalam keberanian dan kegagahan, padahal mereka berdusta.

Ibnu ‘Abbas berkata: “salaquukum; yaitu, mereka akan menjemput kalian.” Qatadah berkata: “Dalam masalah ghanimah, satu kaum mempunyai sifat yang sangat bakhil dan sangat buruk dalam pembagiannya, mereka menuntut seraya berkata: “Berikan kami, berikan kami, sesungguhnya kami berperang bersama kalian.” Sedang di saat kritis, mereka begitu penakut dan enggan untuk terjun, di samping mereka sangat bakhil terhadap kebaikan, yaitu mereka sama sekali tidak memiliki kebaikan. Terkumpul pada mereka sifat penakut dan kedustaan, sedang sifat kebaikan mereka itu sangatlah sedikit. Sebagaimana syair berkata dalam misal tersebut: “Di saat damai, mereka bagaikan keledai, kasar dan keras. Di saat perang mereka seperti wanita-wanita yang sedang haidh.”
Untuk itu Allah berfirman: ulaa-ika lam yu’minuu fa ahbathallaaHu a’maalaHum wa kaana dzaalika ‘alalaaHi yasiiraa (“Mereka itu tidak beriman, maka Allah menghapus [pahala] amalnya. Dan yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.”)(al-Ahzab: 19). Yakni, mudah dan ringan bag-Nya.

tulisan arab alquran surat al ahzab ayat 20“20. mereka mengira (bahwa) golongan-golongan yang bersekutu itu belum pergi; dan jika golongan-golongan yang bersekutu itu datang kembali, niscaya mereka ingin berada di dusun-dusun bersama-sama orang Arab Badwi, sambil menanya-nanyakan tentang berita-beritamu. dan Sekiranya mereka berada bersama kamu, mereka tidak akan berperang, melainkan sebentar saja.” (al-Ahzab: 20)

Inipun merupakan bagian dari beberapa sifat mereka yang buruk, berupa pengecut, cengeng dan penakut. Yahsabuunal ahzaaba lam yadzHabuu (“Mereka mengira [bahwa] golongan-golongan yang bersekutu itu belum pergi.”) yaitu bahkan dekat dengan mereka dan akan kembali kepada mereka.
Wa iy ya’til-ahzaabu yawadduu lau annaHum baaduuna fil a’raabi yas-aluuna ‘an anbaa-ikum (“Dan jika golongan-golongan yang bersekutu itu datang kembali, niscaya mereka ingin berada di dusun-dusun bersama-sama orang Arab Badui, sambil menanya-nanyakan tentang berita-beritamu.”) yaitu, jika golongan-golongan yang bersekutu itu datang, mereka ingin agar mereka menjadi orang-orang yang hadir bersama kalian di Madinah, tetapi mereka akan berada di dusun-dusun. Mereka akan menanyakan kabar tentang kalian dan kondisi kalian menghadapi musuh-musuh kalian.

Walau kaanuu fiikum maa qataluu illaa qaliilaa (“Dan sekiranya mereka berada bersama kamu, mereka tidak akan berperang, melainkan hanya sebentar saja.”) seandainya mereka berada di tengah-tengah kalian, mereka tidak akan berperang bersama kalian kecuali sebentar saja, karena besarnya rasa pengecut mereka, hina dan lemahnya keyakinan mereka. Dan Allah mengetahui tentang mereka.

tulisan arab alquran surat al ahzab ayat 21-22“21. Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah. 22. dan tatkala orang-orang mukmin melihat golongan-golongan yang bersekutu itu, mereka berkata : “Inilah yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya kepada kita”. dan benarlah Allah dan Rasul-Nya. dan yang demikian itu tidaklah menambah kepada mereka kecuali iman dan ketundukan.” (al-Ahzab: 21-22)

Ayat yang mulia ini adalah pokok yang agung tentang mencontoh Rasulullah saw. dalam berbagai perkataan, perbuatan dan perilakunya. Untuk itu Allah memerintahkan manusia untuk mensuritauladani Nabi saw. pada hari Ahzab dalam kesabaran, keteguhan, kepahlawanan, perjuangan dan kesabarannya dalam menanti pertolongan dari Rabb-nya.

Untuk itu, Allah Ta’ala berfirman kepada orang-orang yang tergoncang jiwanya, gelisah, gusar dan bimbang dalam perkara mereka pada hari Ahzaab, laqad kaana lakum fii rasuulillaaHi uswatun hasanatun (“Sesungguhnya telah ada pada [diri] Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu.”) yaitu, mengapa kalian tidak mencontoh dan mensuritauladani sifat-sifatnya? Untuk itu Allah berfirman: liman kaana yarjullaaHa wal yaumal aakhira wa dzakarallaaHa katsiiraa (“[yaitu] bagi orang-orang yang mengharap [rahmat] Allah dan [kedatangan] hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”)

Kemudian Allah berfirman mengabarkan tentang hamba-hamba-Nya yang beriman yang membenarkan janji Allah kepada mereka, serta menjadikan akibat baik untuk mereka di dunia dan di akhirat. Maka Allah berfirman: wa lammaa ra-al mu’minuunal ahzaaba qaaluu Haadzaa maa wa ‘adanallaaHu wa rasuuluHuu wa shadaqallaaHu wa rasuuluHuu (“Dan tatkala orang-orang Mukmin melihat golongan-golongan yang bersekutu itu, mereka berkata: ‘Inilah yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya kepada kita. Dan benarlah Allah dan Rasul-Nya.’”)
Ibnu ‘Abbas berkata: “Yang dimaksud adalah firman Allah dalam surah al-Baqarah:
“ Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, Padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, Sesungguhnya pertolongan Allah itu Amat dekat.” (al-Baqarah: 214). Yaitu, inilah apa yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya berupa ujian dan cobaan yang membawa pertolongan yang amat dekat.”

Bersambung ke bagian 9

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: