Penjaga Neraka Jahanam

4 Des

PENJAGA JAHANAM
At-Tadzkirah; Bekal Menghadapi Kehidupan Abadi; Imam Syamsuddin al-Qurthubi
Keterangan di atas lebih memperjelas, bahwa jahanam adalah nama yang mencakup semua neraka. adapun yang dimaksud jahanam itu didatangkan, ialah bahwa ia didatangkan dari tempat asalnya, dimana ia diciptakan Allah, lalu dibawa berkeliling di sekitar padang mahsyar, sehingga tidak ada jalan menuju surga kecuali shirath.

“Az-Zimam” asal artinya: tali pengikat. Adapun tali-tali pengikat jahanam maksudnya tali-tali kendali untuk menuntunnya, dan sekaligus mencegahnya jangan sampai lepas menuju Mahsyar. Dengan demikian tidak bisa lepas menuju kesana, kecuali leher-lehernya saja yang disuruh menyambar orang-orang yang dikehendaki Allah. Dan kecuali malaikat-malaikatnya yang bengis dan keras, sebagaimana diceritakan Allah mengenai mereka.

Ibnu Wahab menuturkan: telah menceritakan kepada kami Abdur Rahman bin Zaid, dia berkata: “Rasulullah saw. bersabda tentang juru kunci jahanam, “Antara kedua pundak salah seorang dari mereka, adalah sejauh antara timur dan barat.”

Ibnu ‘Abbas ra berkata: “Jarak antara kedua pundak salah seorang dari mereka adalah sejauh perjalanan satu tahun. Dan kekuatan salah seorang dari mereka ketika menghantamkan gada, hantaman itu dapat menghempaskan 70.000 manusia, masuk ke jurang jahanam.

Adapun firman Allah: “Di atasnya ada sembilan belas [malaikat penjaga]” (al-Muddatstsir: 30) maksudnya para pemimpin penjaga, adapun jumlah para penjaga dinyatakan dalam firman Allah: “Dan tidak ada yang mengetahui tentara Rabb-mu melainkan Dia sendiri.” (al-Muddatstsir: 11)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: