Waktu Shalat Dhuhur

2 Jan

Fiqih Sunnah; Sayyid Sabiq

Berdasarkan hadits yang telah disebutkan, ternyatalah bahwa waktu shalat Dhuhur itu bermula dari tergelincirnya matahari dari tengah-tengah langit dan berlangsung sampai bayangan sesuatu itu sama panjang dengan benda tersebut.

Hanya disunnahkan ta’khir atau mengundurkan shalat dhuhur itu dari awal waktu hari panas hingga tiada mengganggu kekhusyukan, sebaliknya disunnahkan ta’jil atau menyegerakan pada saat-saat lain dari demikian. Alasannya adalah:

1. Apa yang diriwayatkan oleh Anas:
“Adalah Nabi saw. bila hari amat dingin menyegerakan dilakukannya shalat, dan bila hari panas melambatkan memulainya.” (HR Bukhari)

2. Dari Abu Dzar, katanya:
“Suatu ketika kami berada bersama Nabi saw. dalam suatu perjalanan. Maka muadzdzin pun bermaksud hendak adzan buat shalat dhuhur, lalu ujar Nabi: ‘Tunggu dulu. Kemudian ketika adzan kembali, Nabi mengatakan lagi: ‘Tunggu dulu.’
Demikianlah sampai dua atau tiga kali, hingga tampaklah oleh kami bayang-bayang guguk setelah matahari tergelincir. Kemudian sabda Nabi: ‘Sesungguhnya panas yang amat sangat itu adalah lambaian neraka jahanam. Maka bila hari terlalu panas, undurkanlah melakukan shalat.” (HR Bukhari dan Muslim)

Batas pengunduran: Berkata Hafidh dalam “al-Fat-h”:
“Para ulama berbeda pendapat tentang batas pengunduran. Ada yang mengatakan sampai bayang-bayang itu sehasta panjangnya setelah tergelincir. Ada pula yang mengatkan seperempat dari tinggi benda. Kata yang lain sepertiga, dan ada pula yang mengatakan seperdua, serta masih ada pendapat lain. Dan yang lazim menurut undang-undang ialah bahwa hal itu berbeda-beda melihat suasana, hanya syaratnya tidak sampai kepada akhir waktu.”

&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: