Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Furqaan (6)

7 Apr

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Furqaan (Pembeda)
Surah Makkiyyah; surah ke 25:77 ayat

tulisan arab alquran surat al furqaan ayat 21-24“22. pada hari mereka melihat malaikat dihari itu tidak ada kabar gembira bagi orang-orang yang berdosa mereka berkata: “Hijraan mahjuuraa. 23. dan Kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu Kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang berterbangan. 24. penghuni-penghuni surga pada hari itu palig baik tempat tinggalnya dan paling indah tempat istirahatnya.” (al-Furqaan: 22-24)

Allah Ta’ala berfirman mengabarkan tentang pembangkangan dan kerancuan orang-orang kafir, serta komentar mereka yang tidak berharga, dimana mereka berkata: lau laa unzila ‘alaiHil qur-aanau jumlataw waahidatan (“Mengapa al-Qur’an itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja?”) yaitu mengapakah tidak Kitab yang diwahyukan kepadanya dengan sekaligus secara keseluruhan, sebagaimana kitab-kitab sebelumnya diturunkan sekaligus seperti Taurat, Injil, Zabur dan kitab-kitab lainnya.

Lalu Allah Ta’ala menjawab mereka dalam masalah ini dengan menurunkannya berangsur-angsur selama 23 tahun sesuai dengan kejadian dan peristiwa serta hukum-hukum yang dibutuhkan agar memantapkan hati orang-orang yang beriman dengannya, seperti firman-Nya: wa qur-aanan faraqnaaHu…. (“Dan al-Qur’an itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur…”)(al-Israa’: 106) untuk itu Dia berfirman: li nutsabbiHii fu-aadaka wa rattalnaaHu tartiilan (“Demikianlah supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacakannya secara tartil.”)

Qatadah berkata: “Kami menjelaskannya secara gamblang.”
Ibnu Zaid berkata: “Dan Kami menafsirkannya secara nyata.”

Wa laa ya’tuunaka bimatsalin (“Tidaklah orang-orang kafir itu datang kepadamu membawa sesuatu yang ganjil.”) yaitu dengan hujjah dan syubhat: illaa ji’naaka bil haqqi wa ahsana tafsiiran (“Melainkan Kami datangkan kepadamu sesuatu yang benar dan paling baik penjelasannya.”) yaitu mereka tidak mengatakan suatu perkataan yang menentang kebenaran kecuali Kami akan jawab mereka dengan sesuatu yang mengandung kebenaran secara hakiki, serta sesuatu yang lebih jelas, lebih tegas dan lebih akurat daripada komentar-komentar mereka.

An-Nasa-i meriwayatkan bahwa Ibnu ‘Abbas berkata: “Al-Qur’an diturunkan secara sekaligus ke langit dunia pada malam lailatul qadar. Kemudian, setelah itu turun dalam waktu 20 tahun.”

Allah berfirman: Wa laa ya’tuunaka bimatsalin illaa ji’naaka bil haqqi wa ahsana tafsiiran (“Tidaklah orang-orang kafir itu datang kepadamu membawa sesuatu yang ganjil. Melainkan Kami datangkan kepadamu sesuatu yang benar dan paling baik penjelasannya.”) dan Allah berfirman yang artinya: “Dan al-Qur’an itu telah Kami turunkan dengan berangsur-angsur agar kamu membacakannya perlahan-lahan kepada manusia dan Kami menurunkannya bagian demi bagian.” (al-Israa’: 106)

Kemudian Allah berfirman mengabarkan tentang buruknya kondisi orang-orang kafir pada hari kiamat. Dia menggiring mereka ke neraka jahannam dalam kondisi yang amat jelek dan cara yang amat buruk.
Alladziina yuhsyaruuna ‘alaa wujuuHiHim ilaa jaHannama ulaa-ika syarrum makaanaw wa adlallu sabiilan (“Orang-orang yang dihimpun ke neraka jahannam dengan diseret di atas muka-muka mereka, mereka itulah orang-orang yang paling buruk tempatnya dan paling sesat jalannya.”)

Di dalam sebuah hadits diriwayatkan dari Anas, bahwa seorang laki-lakii bertanya: “Ya Rasulallah, bagaimanakah orang kafir digiring di atas wajahnya pada hari kiamat?” Beliau menjawab: “Sesungguhnya Rabb yang menjalankannya di atas kedua kakinya, Mahakuasa untuk menjalankannya di atas wajahnya pada hari kiamat.”
Demikianlah komentar Mujahid, al-Hasan, Qatadah dan banyak ahli tafsir lainnya.

Bersambung ke bagian 7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: