Tafsir Ibnu Katsir Surah Asy-Syu’araa’ ayat 192-195 (26)

5 Mei

Tafsir Al-Qur’an Surah Asy-Syu’araa’ (Para Penyair)
Surah Makkiyyah; surah ke 26:227 ayat

tulisan arab alquran surat asy syu'araa' ayat 192-195“192. dan Sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, 193. Dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), 194. ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, 195. dengan bahasa Arab yang jelas.” (asy-Syu’araa’: 192-195)

Allah berfirman mengabarkan tentang kitab yang diturunkan-Nya kepada seorang hamba dan Rasul-Nya, yaitu Muhammad saw. wa innaHuu (“Dan sesungguhnya”) yaitu al-Qur’an, yang tersebut di awal surah dalam firman-Nya: wa maa ya’tiiHim min dzikrim minar rahmani muhdatsin (“Dan sekali-sekali tidak datang kepada mereka suatu peringatan baru dari Rabb Yang Mahapemurah…”)(asy-Syu’araa’: 5)

Latanziilu rabbil ‘aalamiin (“Ini benar-benar diturunkan oleh Rabb semesta alam”) yaitu diturunkan dan diwahyukan oleh Allah kepadamu. Nazala biHir ruuhul amiin (“Dia diabawa turun oleh ar-Ruhul Amiin”) yaitu Jibril as. Itulah yang dikatakan oleh beberapa ulama salaf. Ini adalah pendapat yang tidak lagi dipertentangkan. ‘alaa qalbika litakuuna minal mundziriin (“Ke dalam hatimu agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan.”) yaitu dibawa oleh malaikat yang mulia lagi terpercaya yang memiliki kedudukan di sisi Allah serta ditaati di Mala-il a’laa (alam langit). ‘alaa qalbika (“ke dalam hatimu”) ya Muhammad, dalam keadaan selamat dari kotoran, penambahan dan pengurangan. Litakuuna minal mundziriin (“agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan.”) yaitu agar engkau memberi peringatan tentang hukuman dan kemurkaan Allah bagi orang yang menyelisihi dan mendustakannya serta memberikan kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengikutinya.

Firman Allah: bilisaanin ‘arabiyyim mubiin (“Dengan bahasa Arab yang jelas.”) al-Qur’an yang Kami turunkan kepadamu ini, Kami turunkan dengan bahasa Arab yang fasih, sempurna dan lengkap agar menjadi penjelas yang tegas dan nyata serta dapat memutuskan alasan, menegakkan bukti dan menunjukkan kepada kebenaran.

Bersambung ke bagian 27

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: