Dari Mana Sungai-Sungai Surga Memancar?

6 Mei

Surga Kenikmatan Yang Kekal;
Berita Akhirat; Mahir Ahmad Ash-Shufiy

Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, mendirikan shalat, dan berpuasa Ramadlan maka wajib bagi Allah memasukkannya ke dalam surga. Begitu juga dengan orang yang berhijrah di jalan Allah atau berdiam diri di bumi tempat ia dilahirkan.” Para shahabat bertanya “Ya Rasulullah. Mengapa kita tidak memberi kabar gembira kepada manusia?” beliau menjawab, “Sungguh di surga itu ada seratus derajat [tingkat] yang disediakan untuk para mujahid di jalan Allah. Jarak di antara dua tingkat itu sebagaimana antara langit dan bumi. Jika kalian meminta kepada Allah, mintalah surga Firdaus. Itulah pertengahan surga dan yang paling atas, di atasnya terdapat ‘Arsy Yang Maha Pengasih. Di situlah sungai-sungai di surga bermuara.” (HR Bukhari)

Menurut Abu Hatim al-Busatiy, makna “pertengahan surga” di sini adalah yang tinggi. Sedangkan menurut Qatadah, firdaus adalah lembah surga, tengah-tengah, paling atas, paling utama dan paling tinggi.

Dikatakan pula bahwa firdaus adalah nama yang mencakup seluruh surga, sebagaimana jahanam merupakan nama untuk semua neraka. pada surah al-Mu’minun ayat 10-11, Allah swt. memuji suatu kaum dengan sifat-sifat yang mulia.

“Mereka itulah yang akan mewarisi [yakni] yang akan mewarisi [surga] firdaus. Mereka kekal di dalamnya.” (al-Mu’minuun: 10-11)

Allah swt. mengulang penyebutan mereka pada surah al-Ma’arij: “Mereka itu dimuliakan di dalam surga.” (al-Ma’aarij: 35)

Menurut Wahab bin Manhab, firdaus adalah nama untuk seluruh surga, bukan satu surga.
Dari Anas bin Malik ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Aku diangkat ke Sidratul Muntaha, langit ketujuh. Buah pohon bidaranya seperti bulan sabit di siang hari, daun-daunnya seperti telinga gajah. Dari batangnya keluar dua sungai yang nyata dan dua sungai yang tidak tampak. Lalu aku bertanya, ‘Wahai Jibril, apa itu?’ maka Jibril menjawab, ‘Dua sungai yang tidak nyata [tampak] itu berada di surga, sedangkan dua sungai yang tampak adalah Nil dan Eufrat.” (HR Bukhari)

&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: