Mata Air Surga

6 Mei

Surga Kenikmatan Yang Kekal;
Berita Akhirat; Mahir Ahmad Ash-Shufiy

Mata air surga merupakan sebagian nikmat ketika meminumnya. Allah swt. telah mensifati mata air dan minuman penghuni surga, di antara campurannya adalah kafur, air [surga], dan jahe.

“Sungguh, orang-orang yang bertakwa berada dalam naungan [pepohonan surga yang teduh] dan [di sekitar] mata air.” (al-Mursalat: 41)

Allah berfirman dalam surah ar-Rahmaan ketika mensifati dua surga yang disediakan bagi orang yang takut menghadap kepada Tuhannya:
“Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua syurga. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?, kedua syurga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? Di dalam kedua syurga itu ada dua buah mata air yang mengalir Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (ar-Rahmaan: 46-51)

Kemudian Allah berfirman lagi tentang dua surga yang bukan dua surga sebelumnya atau yang telah disebutkan dalam ayat di atas.
“Dan selain dari dua syurga itu ada dua syurga lagi. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? kedua syurga itu (kelihatan) hijau tua warnanya. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? di dalam kedua syurga itu ada dua buah mata air yang memancar. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (ar-Rahmaan: 62-67)

Dalam ayat di atas, Allah swt. menyebutkan beberapa mata air, yang dua mengalir dan yang dua lagi memancar di dalam surga. Ukuran dan besar mata air itu tidak diketahui oleh siapapun kecuali Allah swt. Makna “mengalir” dalam firman Allah swt. itu adalah jika Dia menghendaki, mata air itu mengalir di dalam surga, lalu para penghuni surga meminum air darinya.

Allah swt. menyebutkan rasa air dari mata air tersebut agar orang-orang yang beriman mengetahui kemuliaan mereka dan apa yang telah disediakan Allah swt. bagi mereka, berupa kenikmatan yang besar.

&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: