Al-Qur’an: Sumber Pendidikan Rasul dan Shahabat

21 Mei

Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat;
Abdurrahman An-Nahlawi

Tidak diragukan lagi bahwa keberadaan al-Qur’an telah mempengaruhi sistem pendidikan Rasulullah saw. dan para shahabat. lebih-lebih ketika ‘Aisyah ra. menegaskan bahwa akhlak beliau adalah al-Qur’an. Pembuktian Allah lebih menegaskan hal itu:

“Berkatalah orang-orang kafir: ‘Mengapa al-Qur’an tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja?’ Demikianlah supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacakannya secara tartil [teratur dan benar].” (al-Furqaan: 32)

Dari ayat di atas kita dapat mengambil dua isyarat yang berhubungan dengan pendidikan, yaitu mengokohkan hati dan pemantapan keimanan; serta sikap tartil dalam membaca al-Qur’an. Dalam hal membaca al-Qur’an, Allah swt. mengajari Rasulullah saw. seperti dijelaskan dalam firman-Nya ini:

“Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Al Quran karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya. Sesungguhnya atas tanggungan kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. Apabila Kami telah selesai membacakannya Maka ikutilah bacaannya itu. Kemudian, Sesungguhnya atas tanggungan kamilah penjelasannya.” (al-Qiyaamah: 16-19)

Kehidupan Rasulullah saw., baik dalam kondisi damai maupun perang, ketika di rumah maupun di luar rumah, atau berada di tengah kaumnya dibuktikan dengan perkataan ‘Aisyah bahwa akhlak beliau adalah al-Qur’an. Maka, doa-doa beliau selalu diambil dari al-Qur’an. Dan tentang para shahabat, mereka tidak diragukan lagi untuk mengamalkan sekaligus mempelajari al-Qur’an. Bahkan seorang shahabat pernah berkata: “Kami, pada zaman Rasulullah, tidak pernah melewati sebuah surah Al-Qur’an pun sebelum kami menghafal dan mengamalkannya. Jadi kami belajar dan beramal sekaligus.”

Al-Qur’an telah memberikan pengaruh dan kesan yang mendalam hingga kaum muslimin lupa akan puisi. Padahal, sebelumnya mereka adalah kelompok masyarakat yang paling menyukai puisi, perdukunan, dongeng-dongeng Persia dan Arab sehingga melupakan ilmu hikmah.

&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: