Pendidikan Islam: Tuntutan Duniawi dan Ukhrawi

21 Mei

Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat;
Abdurrahman An-Nahlawi

Pada hakekatnya, berbagai bencana yang menimpa masyarakat Islam, kedhaliman manusia, dan dominasi negara maju merupakan dampak negatif dari sistem pendidikan manusia yang hingga saat ini masih dianggap acuan.

Islam adalah manhaj Rabbani yang sempurna, tidak membunuh fitrah manusia, dan diturunkan untuk membentuk pribadi yang sempurna dalam diri manusia. Artinya pendidikan Islam dapat membentuk pribadi yang mampu mewujudkan keadilan ilahiah dalam komunitas manusia serta mampu mendayagunakan potensi alam dengan pamakaian yang adil. Dengan demikian, tidak ada ketundukan pada sistem pendidikan di luar Islam apalagi jika sudah menyaksikan kegagalan pendidikan modern dan filsafat barat dalam menyelamatkan umat manusia dari kegelapan dan kedhaliman abad pertengahan. Tragisnya, kondisi seperti ini memburuk ke arah kehancuran, kesia-siaan, dan pendangkalan kemanusiaan.

Jika kita membandingkan dua karakter pendidikan tersebut, ternyata pendidikan Islam-lah yang dewasa ini sangat dibutuhkan umat manusia. Melalui pendidikan Islam, kita dapat menyelamatkan manusia dari penindasan dan pencampakan sistem materialisme, paham serba boleh, pemanjaan, dan lain-lain lewat orang tua mereka. Kita pun dapat menyelamatkan anak-anak di negara-negara dunia ketiga yang dilanda bencana kelaparan, kehinaan, dan penjajahan kaum tiran.

Melalui pendidikan Islam, dalam diri kita akan tertanam pemuliaan dan penghargaan terhadap manusia walaupun banyak tantangan yang harus dihadapi sebagaimana dijelaskan oleh Allah dalam firman-Nya: “…Padahal kekuatan itu hanyalah bagi Allah, Rasul-Nya, dan bagi orang-orang mukmin…” (Munafiqun: 8)

&

Satu Tanggapan to “Pendidikan Islam: Tuntutan Duniawi dan Ukhrawi”

  1. alif 7 Juni 2014 pada 23.23 #

    Sekedar saran http://laduni-kediri.tumblr.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: