Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Qashash ayat 36-37 (11)

25 Agu

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Qashshash (Cerita-Cerita)
Surah Makkiyyah; surah ke 28: 88 ayat

tulisan arab alquran surat al qashash ayat 36-37“36. Maka tatkala Musa datang kepada mereka dengan (membawa) mukjizat- mukjizat Kami yang nyata, mereka berkata: “Ini tidak lain hanyalah sihir yang dibuat-buat dan Kami belum pernah mendengar (seruan yang seperti) ini pada nenek moyang Kami dahulu”. 37. Musa menjawab: “Tuhanku lebih mengetahui orang yang (patut) membawa petunjuk dari sisi-Nya dan siapa yang akan mendapat kesudahan (yang baik) di negeri akhirat. Sesungguhnya tidaklah akan mendapat kemenangan orang-orang yang zalim”. (al-Qashash: 36-37)

Maa Haadzaa illaa sihrum muftaran (“Ini tidak lain hanyalah sihir yang dibuat-buat.”) yaitu dibuat-buat dan diciptakan. Mereka ingin membantahnya dengan tipu daya dan pengaruh.

Firman-Nya: wa maa sami’naa biHaadzaa fii aabaa-inal awwaliin (“Dan kami belum pernah mendengar ini pada nenek moyang kami dahulu.”) yang mereka maksudkan adalah beribadah kepada Allah semata yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Mereka mengatakan: “Kami belum pernah melihat seorangpun di antara nenek moyang kami menganut agama ini dan kami pun tidak pernah melihat manusia melainkan mereka menyekutukan ilah lain bersama Allah. Maka Musa as. menjawab komentar mereka dengan berkata: Rabbii a’lamu bi man jaa-a bil Hudaa min ‘indiHii (“Rabbku lebih mengetahui orang yang patut membawa petunjuk dari sisi-Nya.”) yaitu di antaraku dan di antara kalian, dan Dia akan memutuskan perkara di antara aku dan kalian. Untuk itu Dia berkata, wa man takuuna laHuu ‘aaqibatud daar (“Dan siapa yang akan mendapatkan kesudahan baik di negeri akhirat.”) yaitu berupa pertolongan, kemenangan dan dukungan. innaHuu laa yuflihudh dhaalimuun (“Sesungguhnya tidaklah mendapat kemenangan orang-orang yang dhalim”) yaitu orang-orang yang menyekutukan Allah.

Bersambung ke bagian 12

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: