Berdakwah Melindungi Islam dari pemikiran serta perbuatan yang salah

6 Okt

Pilar Keberhasilan Seorang Da’i
Dr. Ali bin Umar bin Ahmad Ba Dahdah;
islamhouse.com

Sesungguhnya kurang memperhatikan sebab-sebab keberhasilan dan kesuksesan da’wah akan mengantarkan seorang da’i kedalam kegagalan dan kekecewaan yang akan melahirkan dampak adanya sebagian pemahaman serta perbuataan yang salah di antaranya dan ini sebagai contoh bukan pembatasan:

a. secara umum akan menyebabkan rusaknya umat manusia di muka bumi ini karena sedikitnya pemahaman yang dimiliki para da’i atau lemahnya iman yang ada di dalam dada mereka atau juga di karenakan kurangnya bentuk amal perbuatan yang mereka lakukan- akan menjadikan dirinya di timpa kekecewaan dan adanya penolakan dari manusia dan terkadang bahkan manusia akan lari darinya.

Maka sudah seharusnya dia bersabar atau mengoreksi kekurangan yang ada pada dirinya lalu mengubah cara dan perilakunya, dan memperbaiki kesalahan yang dia sadari serta terus bersabar atas tingkah laku orang yang jahil. Adapun menghukumi mereka dengan kerusakan dan enggan untuk menerima kebenaran, terlebih lagi mengatakan bahwa mereka adalah musuh-musuh Allah Ta’ala dan RasulNya Shalallahu ‘alaihi wa sallam atau berpikiran yang semacam itu adalah suatu hal yang telah Rasulallahu Shalallahu ‘alaihi wa sallam peringatkan dalam sabdanya sebagaimana yang ada di dalam hadits yang shahih:

“Jika ada seseorang yang mengatakan: “Sungguh manusia telah binasa maka ia adalah (orang) yang paling binasa diantara mereka”. HR Muslim di dalam kitab al-Bir wa Shilah wal Adab. Bab: Larangan untuk mengucapkan manusia telah binasa. An-Nawawi 16/17.

b. Munculnya rasa putus asa dan letih dalam diri sebagian para da’i di karenakan seringnya mengalami kegagalan di dalam da’wahnya, dan hilanglah keinginan untuk terus berda’wah sehingga kemudian mereka mulai tidak peduli lagi dengan manusia dan meninggalkan mereka dan tidak lagi mau menyeru mereka di dalam kebaikan dan melarang kemungkaran, padahal terkadang kegagalan yang mereka dapati kebanyakan muncul dari ketidak mengertian mereka akan cara dan sarana serta sebab-sebab yang bisa menjadikan kesuksesan dalam berda’wah.

&

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: