Sabarlah, sesungguhnya perjalanan da’wah sangatlah panjang

6 Okt

Pilar-Pilar Keberhasilan Seorang Da’i;
Dr. Ali bin Umar bin Ahmad Ba Dahdah
islamhouse.com

Jalan da’wah bukanlah jalan yang bertaburan bunga di kiri dan kanan dan bukan jalan yang mudah ditempuh seperti yang dibayangkan dan tidak ada kata cepat untuk menuai hasilnya namun sebagaimana yang Allah Ta’ala firmankan:

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, Padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: “Bilakah datangnya pertolongan Allah?” Ingatlah, Sesungguhnya pertolongan Allah itu Amat dekat”. QS al-Baqarah: 214.

Dalam ayat yang lain Allah Ta’ala berfirman:

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? dan Sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan Sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta”. QS al-‘Ankabut: 2-3.

Dan itu merupakan sunah Ilahiyah yang akan tetap berjalan, Allah Ta’ala berfirman:

“Allah sekali-kali tidak akan membiarkan orang-orang yang beriman dalam Keadaan kamu sekarang ini, sehingga Dia menyisihkan yang buruk (munafik) dari yang baik (mukmin)…”. QS al-‘Imran: 179.

Imam Syafi’i pernah di tanya: “Manakah yang lebih utama, seseorang mendapat pertolongan atau mendapat cobaan? Maka beliau mengatakan: “Tidak akan mendapat pertolongan sampai dirinya mendapat cobaan terlebih dahulu, sesungguhnya Allah Ta’ala memberi cobaan kepada Nabi Nuh, Ibrohim, Musa, Isa dan Muhammad sholawatullahi ‘alaihim ‘ajma’in maka ketika mereka bersabar mereka pun mendapat pertolongan, maka jangan ada seorang pun yang mengira bahwa dirinya akan terbebas dari rasa sakit dan rintangan sama sekali.

Perjalanan da’wah sangatlah panjang maka siapa yang merasa ingin buru-buru maka akan menjadi lemah di dalam berjalan, oleh karena itu harus bersabar terhadap rintangan yang di hadapi juga panjang nafas, dan mengetahui bahwa zaman adalah bagian dari obat.

&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: