Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Ankabuut ayat 16-18 (7)

10 Okt

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Ankabuut (Laba-Laba)
Surah Makkiyyah; surah ke 29:69 ayat

tulisan arab alquran surat al ankabuut ayat 16-18“16. dan (ingatlah) Ibrahim, ketika ia berkata kepada kaumnya: “Sembahlah olehmu Allah dan bertakwalah kepada-Nya. yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. 17. Sesungguhnya apa yang kamu sembah selain Allah itu adalah berhala, dan kamu membuat dusta. Sesungguhnya yang kamu sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan rezki kepadamu; Maka mintalah rezki itu di sisi Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. hanya kepada- Nyalah kamu akan dikembalikan. 18. dan jika kamu (orang kafir) mendustakan, Maka umat yang sebelum kamu juga telah mendustakan. dan kewajiban Rasul itu, tidak lain hanyalah menyampaikan (agama Allah) dengan seterang-terangnya.” (al-Ankabuut: 16-18)

Allah mengabarkan tentang hamba, Rasul dan Khalil-Nya, Ibrahim as. imamnya orang-orang hanif, bahwa dia menyeru kaumnya untuk beribadah kepada Allah Mahaesa yang tidak ada sekutu bagi-Nya, ikhlas kepada-Nya dalam takwa dan mencari rizky-Nya Yang Mahaesa, tidak ada sekutu bagi-Nya serta mengesakan-Nya dalam rasa syukur. Maka dia berkata kepada kaumnya: u’budullaaHa wat taquuHu (“Beribadahlah kamu kepada Allah dan bertakwalah kepada-nya. dzaalikum khairul lakum in kuntum ta’lamuun (“Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”) yaitu jika kalian melakukan hal itu, kalian akan memperoleh kebaikan di dunia dan di akhirat. Kemudian Allah Ta’ala mengabarkan bahwa berhala-berhala yang kalian sembah tidak akan mencelakakan dan tidak akan memberikan manfaat. Kalian hanya membuat-buat nama baginya, lalu kalian namakan sebagai tuhan, padahal ia diciptakan seperti kalian. Demikianlah yang diriwayatkan oleh al-‘Aufi dari Ibnu ‘Abbas dan itulah yang dikatakan Mujahid dan as-Suddi.

Al-Wali meriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas: “Kalian membuat kedustaan, yaitu kalian membuat patung-patung.” Demikian yang diriwayatkan oleh Mujahid, ‘Ikrimah, al-Hasan, Qatadah dan selain mereka telah dipilih oleh Ibnu Jarir. Berhala-berhala itu tidak dapat memberikan rizky kepada kalian. Fabtaghuu ‘indallaaHir rizqa (“Maka mintalah rizky itu dari sisi Allah.”) seperti firman Allah: iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin (“Hanya kepada-Mu lah kami menyembah dan hanya kepada-Mu lah kami memohon pertolongan.” (al-Faatihah: 5).

Untuk itu Dia berfirman: fabtaghuu (“Maka mintalah,”) yaitu carilah, ‘indallaaHir rizqa (“rizky itu dari sisi Allah,”) bukan dari yang selain-Nya. karena selain Dia tidak memiliki sesuatu sedikitpun. Wa’buduuHu wasykuruulaHu (“Dan beribadahlah kamu kepada-Nya serta bersyukurlah kepada-Nya.”) yaitu makanlah kalian kalian dari rizky-Nya dan beribadahlah kalian kepada-Nya semata serta bersyukurlah kepada-Nya semata serta bersyukurlah kepada-Nya atas nikmat yang diberikan-Nya kepada kalian. ilaiHi turja’uun (“Hanya kepada-Nyalah kamu akan dikembalikan.”) yaitu pada hari kiamat. Lalu Dia membalas setiap pelaku sesuai dengan amalnya.

Wa in tukadzdzibuu faqad kadzdzaba umamum min qablikum (“Dan jika kamu mendustakan, maka umat sebelum kamu juga telah mendustakan.”) yaitu telah sampai beritanya kepada kalian tentang siksaan dan hukuman yang menimpa mereka dengan sebab menyelisihi para Rasul.
Wamaa ‘alar rasuuli illal balaaghul mubiin (“Dan kewajiban para rasul itu tidak lain hanyalah menyampaikan dengan seterang-terangnya.”) yaitu kewajiban Rasul hanyalah menyampaikan kepada kalian risalah yang diperintahkan oleh Allah. Sedangkan Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan memberikan petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Maka bersemangatlah kalian untuk menjadi orang-orang yang bahagia. Makna yang jelas dari rangkaian kalimat tersebut bahwa semua itu merupakan kata-kata Ibrahim al-KhalilullaaH yang digunakannya sebagai hujjah kepada mereka untuk menetapkan hari kembali, karena firman-Nya setelah ini: fa maa kaana jawaaba qaumiHii (“Maka tidak ada jawaban dari kaumnya.”) wallaaHu a’lam.

Bersambung ke bagian 8

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: