Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Ankabuut ayat 41-43 (15)

14 Okt

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Ankabuut (Laba-Laba)
Surah Makkiyyah; surah ke 29:69 ayat

tulisan arab alquran surat al ankabuut ayat 41-43“41. perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. dan Sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui. 42. Sesungguhnya Allah mengetahui apa saja yang mereka seru selain Allah. dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. 43. dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buat untuk manusia; dan tiada yang memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu.” (al-Ankabuut: 41-43)

Ini adalah perumpamaan yang dibuat oleh Allah bagi orang-orang musyrik yang menjadikan [bagi mereka] ilah-ilah selain Allah, dimana mereka mengharapkan pertolongannya, meminta rizky dan berpegang pada mereka dalam keadaan sempit. Keadaan mereka itu seperti sarang laba-laba dalam keadaan kelemahan dan kerapuhannya. Tidak ada di tangan-tangan ilah mereka itu kecuali seperti orang yang berpegang dengan sarang laba-laba yang tidak dapat merubah apa-apa.

Seandainya mereka mengetahui hal tersebut, niscaya mereka tidak akan mengambil selain Allah sebagai penolong. Ini tentu saja berbeda dengan orang Islam yang hatinya beriman kepada Allah, dan di samping itu ia berbuat amal baik dengan mengikuti syari’at. Dia berpegang dengan buhul tali yang amat kuat dan tidak akan lepas karena begitu kuat dan kokohnya.

Kemudian Allah berfirman mengancam orang yang menyembah selain Allah dan menyekutukan-Nya, Allah swt. Mahamengetahui perbuatan yang mereka lakukan serta mengetahui tandingan-tandingan yang mereka persekutukan, serta akan membalas mereka. sesungguhnya Dia adalah Mahabijaksana lagi Mahamengetahui.

Firman Allah: wa tilka amtsaalu nadl-ribuHaa linnaasi wa maa ya’qiluHaa illal ‘aalimuun (“Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buatkan untuk manusia dan tidak ada yang dapat memahaminya kecuali orang-orang yang berilmu.”) yaitu tidak ada yang dapat memahami dan merenungkannya kecuali orang-orang yang mendalam ilmunya serta menguasainya.

Bersambung ke bagian 16

2 Tanggapan to “Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Ankabuut ayat 41-43 (15)”

  1. Komukote 3 Maret 2016 pada 11.55 #

    Terima kasih……
    Sangat bermanfaat…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: