Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Ankabuut ayat 53-55 (20)

14 Okt

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Ankabuut (Laba-Laba)
Surah Makkiyyah; surah ke 29:69 ayat

tulisan arab alquran surat al ankabuut ayat 53-55“53. dan mereka meminta kepadamu supaya segera diturunkan azab. kalau tidaklah karena waktu yang telah ditetapkan, benar-benar telah datang azab kepada mereka, dan azab itu benar-benar akan datang kepada mereka dengan tiba-tiba, sedang mereka tidak menyadarinya.
54. mereka meminta kepadamu supaya segera diturunkan azab. dan Sesungguhnya Jahannam benar-benar meliputi orang-orang yang kafir, 55. pada hari mereka ditutup oleh azab dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka dan Allah berkata (kepada mereka): “Rasailah (pembalasan dari) apa yang telah kamu kerjakan”. Pada hari mereka ditutup oleh azab dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka dan Allah berkata (kepada mereka): “Rasailah (pembalasan dari) apa yang telah kamu kerjakan.” (al-Ankabuut: 53-55)

Allah telah mengabarkan tentang kebodohan orang-orang musyrik dalam mengharapkan cepatnya kedatangan adzab Allah menimpa mereka. wa yasta’jiluunaka bil’adzaabi walau laa ajalum musammal lajaa-aHumul ‘adzaab (“Dan mereka meminta kepadamu agar segera diturunkan adzab. Kalau tidaklah karena waktu yang telah ditetapkan, benar-benar datang adzab kepada mereka.”) seandainya Allah tidak menetapkan ditundanya adzab hingga hari kiamat, niscaya adzab itu telah datang kepada mereka dalam waktu yang dekat dan segera sebagaimana yang mereka minta.

Kemudian Dia berfirman: wa laya’tiyannaHum baghtatan (“Dan adzab itu benar-benar akan datang kepada mereka dengan tiba-tiba.”) yakni secara mendadak, wa Hum laa yasy’uruun. Yasta’jiluunaka bil’adzaabi wa inna jaHannama lamuhiithathum bil kaafiriin (“Sedangkan mereka tidak menyadarinya. Mereka meminta kepadamu agar segera diturunkan adzab. Dan sesungguhnya jahanam benar-benar meliputi orang-orang yang kafir.”) mereka meminta kepadamu agar segera diturunkan adzab, dan hal itu pasti menimpa mereka, tidak mustahil.

Syu’bah berkata dari Simak bahwa ‘Ikrimah berkata tentang firman Allah: wa inna jaHannama lamuhiithathum bil kaafiriin (“Dan sesungguhnya jahanam benar-benar meliputi orang-orang yang kafir.”) yaitu lautan. Ibnu Abi Hatim dari asy-Sya’bi berkata, bahwa dia mendengar Ibnu ‘Abbas berkata: wa inna jaHannama lamuhiithathum bil kaafiriin (“Dan sesungguhnya jahanam benar-benar meliputi orang-orang yang kafir.”) jahanam itu adalah lautan hijau yang memcah belah bintang-bintang yang terdapat di dalamnya dan membenturkan matahari dan bulan yang kemudian menyala. Itulah jahanam.

Imam Ahmad meriwayatkan bahwa Nabi saw. bersabda: “Lautan itu adalah jahanam.” Ini adalah tafsir yang gharib dan hadits yang gharib sekali. wallaaHu a’lam.

Firman Allah: yauma yaghsyaa Humul ‘adzaabu min fauqiHim wa min tahti arjuliHim (“Pada hari mereka ditutup oleh adzab dari atas mereka dan dari bawah kaki mereka.”) api neraka menutupi mereka dari seluruh sudut. Dan ini lebih dahsyat, tentang adzab secara fisik. Dan firman Allah ta’ala, wa yaquulu dzuuquu maa kuntum ta’maluun (“Dan Allah berfirman kepada mereka: ‘Rasakanlah [pembalasan dari] apa yang telah kamu kerjakan.”) ini adalah ancaman, hinaan dan ejekan dan ini merupakan adzab yang bersifat abstrak pada jiwa.

Bersambung ke bagian 21

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: