Niat Ikhlas

17 Des

Opini Dan Dakwah; Belajar Islam
Islam Bukan Agama Teroris

Ketika seseorang terikat oleh sebuah aturan atau sistem, maka pada suatu saat akan merasakan keinginan untuk bebas sejenak /selamanya dari ikatan yang membatasinya itu. Ada semacam kejenuhan yang menuntut untuk lepas dari rutinitas yang selama ini mengikatnya. Sebagaimana pekerja yang butuh istirahat, dan pelajar yang butuh refreshing untuk menyegarkan otak karena sehabis menyerap materi pelajaran.

Apakah anda bisa membayangkan bagaimana seorang pemeluk agama Islam rehat untuk beribadah? Karena misalnya ia merasakan kejenuhan dan kebosanan dalam rutinitasnya? Maka hal demikian ini akan terasa lucu. Akan tetapi sekaligus real, karena memang tidak jarang kita temui orang yang tiba-tiba malas shalat, malas shadaqah padahal hartanya cukup, dan lain-lain yang intinya hatinya merasa bosan dengan kebaikan itu. Nah, tentu saja hal ini sangat berbahaya. Sebab jika sudah bosan dengan kebaikan, maka hal apa lagi di luar kebaikan selain keburukan?

Jika dicermati, maka pangkal dari segala kejenuhan itu adalah niat yang tidak sepenuhnya ikhlas semata-mata mengharap keridlaan Allah. Ada harapan-harapan lain (ingin dipuji, dihormati dll) ketika ia mengerjakan amalan itu sehingga ketika harapannya tidak terjawab maka ia menjadi patah arang dan menghentikan ibadahnya itu. Sungguh ini suatu kekonyolan, karena berharap pada pihak yang juga berharap. Maka gantungkanlah harapan itu hanya kepada Allah, Tuhan Mahapemberi dan Mahakaya yang tidak akan bangkrut.

Ikhlash ketika sudah menancap dalam hati seorang manusia, maka tak akan sekali-sekali dia meninggalkan rutinitas amalannya, dan menjadi semacam karakter yang baik dan bermanfaat bagi dirinya sendiri dan lingkungannya. Kemudian yang terpenting adalah ia akan semakin ridla ketika Allah membalasnya kelak dengan pahala yang jauh lebih baik dan masuk ke surga.

belajar Islam Yuuk….
&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: