Pengertian Ukhuwah

16 Jan

Merajut Benang Ukhuwah Islamiyyah;
DR. Abdul Halim Mahmud

Kata ukhuwah berakar dari kata kerja akha. Misalnya dalam kalimat “akha fulanun Shalihan” (fulan menjadikan Shalih sebagai saudara). Selain kata ukhuwah, ada pula kata muakhah.

Orang disebut akh Anda, jika ia adalah orang yang mempunyai hubungan persaudaraan dengan anda, baik saudara kandung, saudara seayah, saudara seibu, maupun saudara sesusuan.

Akh bisa juga berarti syarik [sekutu], muwasi [penolong], matsil [penyerupa], shahih mulazim [sahabat setia] atau akh seseorang bisa berarti pengikut pendapat seseorang.

Kata akh juga dipakai secara umum untuk menyebut setiap orang yang menyertai orang lain, baik dalam cinta, pekerjaan, maupun agamanya. Karena itu, ukhuwah menuntut seseorang untuk mengasihi saudaranya. Karena itulah al-Qur’an menyebutkan bahwa seorang Nabi adalah akh bagi kaumnya dan bagi semua orang yang mereka dakwahi. Allah swt berfirman,
“Dan [Kami telah mengutus] kepada kaum ‘Aad, saudara mereka Hud. Ia berkata: ‘Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-sekali tidak ada tuhan bagi kalian selain Dia.’” (al-A’raaf: 65)
“Dan [Kami telah mengutus] kepada kaum Tsamud, saudara mereka Shalih. Ia berkata kepada kaumnya, ‘Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-sekali tidak ada tuhan bagimu selain Dia.’” (al-A’raaf:73)
“Dan [Kami telah mengutus] kepada penduduk Madyan, saudara mereka Syu’aib. Ia berkata, ‘Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-sekali tidak ada tuhan bagimu selain Dia.’” (al-A’raaf: 85)

Inilah pengertian ukhuwah yang dibicarakan dalam kamus-kamus bahasa Arab. Pengertian lebih luas dari sekedar persaudaraan menurut orang-orang barat.

Persaudaraan menurut orang-orang barat adalah hubungan kekerabatan antara dua orang bersaudara yang seketurunan dari bapak dan ibu. Mereka juga menggunakan istilah “persaudaraan” untuk menyebut lembaga perserikatan yang umumnya beranggotakan orang-orang yang berprofesi sama, dengan tujuan saling membantu untuk mewujudkan kepentingan mereka dan meningkatkan keadaannya.

Persaudaraan, atau organisasi persaudaraan, bagi mereka bisa juga berarti sebuah organisasi keagamaan yang anggota-anggotanya berkewajiban meninggalkan gaya hidup materialistis, menjaga kehormatan diri, dan taat sepenuhnya. Mereka hidup bersama di bawah suatu tatanan yang mendapatkan pengesahan dari gereja yang mereka ikuti.

Ada juga beberapa lembaga persaudaraan mereka berupa organisasi yang bersifat tertutup, dengan semangat kesetiakawanan sosial, tolong menolong dalam urusan materi, dalam rangka menghadapi berbagai bahaya yang mengancam kehidupan mereka.

Termasuk salah satu pengertian persaudaraan bagi mereka adalah organisasi-organisasi, baik yang bersifat tertutup maupun terbuka, yang bergerak di bidang sosial. Di antaranya adalah lembaga-lembaga bantuan dan lembaga-lembaga tertutup lainnya, yang bersifat nasional maupun internasional seperti Free Masonry dan Rotary Club.

&

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: