Peringkat Peringkat Ukhwuah dalam Islam

16 Jan

Merajut Benang Ukhuwah Islamiyyah;
DR. Abdul Halim Mahmud

Ukhuwah dalam Islam adalah ukhuwah karena Allah. Jalan menuju Allah hanyalah satu, tidak berbilang, tidak pula diperselisihkan, karena ia adalah shirath al-mustaqim [jalan yang lurus] dan merupakan satu-satunya jalan yanag wajib ditempuh, tiada pilihan selainnya.

Allah swt, berfirman: “Bahwa [yang Kami perintahkan] ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah ia dan janganlah mengikuti jalan-jalan [yang lain], karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kalian dari jalan-Nya.” (al-An’am: 153)

Ad-Darimi meriwayatkan dengan sanadnya dari Abdullah bin Mas’ud ra. ia berkata: “Suatu ketika Rasulullah saw. menggoreskan suatu garis kemudian bersabda: ‘Ini adalah jalan Allah.’ Kemudian beliau membuat banyak garis ke arah kanan dan kirinya seraya bersabda, ‘Ini berbagai jalan, dan masing-masing jalan tersebut terdapat setan yang mengajak kepadanya.’ Kemudian beliau membaca ayat yang artinya: ““Bahwa [yang Kami perintahkan] ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah ia dan janganlah mengikuti jalan-jalan [yang lain], karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kalian dari jalan-Nya.”

Jalan Allah adalah jalan yang satu, yang di dalamnya seluruh manusia berjalan menuju ridla-Nya. ia mempunyai sejumlah sarana yang berbeda-beda menurut zaman, individu dan kondisinya. Allah swt tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan kesanggupannya dan Dia tidak mempersulit mereka dalam melaksanakan agamanya.

Jalan menuju ukhuwah memiliki sejumlah tahapan, yang seorang muslim tidak bisa menggapai ukhuwah dengan saudaranya kecuali apa bila melaluinya. Beberapa tahapan tersebut adalah: ta’aruf [saling mengenal], ta’aluf [saling bersatu], tafahum [saling memahami], ri’ayah [perhatian], ta’awun [saling membantu], dan tanashur [saling menolong], yang akhirnya berujung pada ukhuwah islamiyah yang kokoh. Masing-masing tahapan ini memiliki rambu-rambu dan etika-etikanya.

&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: