Bagaimana Cara Menjadi Muslim ?

11 Feb

Belajar Islam
Bagaimana Cara Menjadi Muslim ?

Assalaamu ‘alaikum wa rahmatullaaHi wa barakaatuH.
Sebenarnya menjadi seorang muslim itu tidaklah sulit yang dibayangkan. Sebab pada prinsipnya seorang manusia itu hanyalah dituntut untuk bersaksi dengan mengucapkan kalimat syahadat (yaitu: “Laa ilaaHa illallaaH, wa asy-Hadu anna Muhammadar rasuulullaaH”) yang artinya: “Aku bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak diibadahi kecuali Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah.”)

Dengan kalimat yang kita ucapkan itu, maka itu adalah sebuah ikrar atau janji, atau disebut juga sumpah kita untuk memeluk agama Islam. Dan dengan demikian maka orang yang mengucapkan kalimat syahadat tersebut telah sah menjadi pemeluk Islam. Namun perlu diingat bahwa hati kita juga membenarkan dan meyakini apa yang telah kita ucapkan itu. Jika tidak, maka seseorang yang hanya mengucapkan syahadat di bibir saja tanpa membenarkan dan meyakini di dalam hati adalah tergolong orang yang munafik. Yaitu orang yang ucapan dan isi hatinya tidak sesuai. Ucapannya mengakui tapi hatinya menolak apa yang ia ucapkan. Maka hal demikian itu dia hanya akan mendapat perlakukan sebagai seorang muslim di dunia saja. adapun di akhirat kelak dia tidak akan mendapatkan pahala dan surga dari Allah Yang Maha Esa. Sebab Allah mengetahui segala isi hati. Seorang manusia boleh jadi bisa mengelabuhi manusia lain, akan tetapi Allah tidak lengah terhadap tipu dayanya.

Jika sudah bersyahadat, maka kewajiban seorang muallaf (orang yang baru saja masuk Islam) adalah bersuci dengan mandi besar (membasahi seluruh anggota tubuh) dengan niat bersuci. Lalu mulailah belajar shalat, puasa dan praktik ibadah lain. Mengapa? Sebab dalam Islam ibadah adalah bukti benarnya syahadat yang telah kita ucapkan sebelumnya. Dan hal ini bisa dilakukan secara bertahab, namun harus konsisten terus meningkat. Dan menuntut ilmu dalam agama Islam adalah sebuah kewajiban, sampai akhirnya berhenti ketika seorang muslim meninggal dan masuk liang lahat (kubur).

Jika anda beruntung mendapat jalan hidayah ini, maka anda akan mendapatkan jawaban hati anda yang selama ini tidak anda dapat sebelumnya. Silakan cari kisah dan pengakuan para muallaf (orang yang baru masuk Islam). Mereka semua mengaku bagaikan baru dilahirkan, dan mendapatkan ketenteraman jiwa yang benar-benar nyata. Karena dalam Islam memang segala aturan dan hukumnya telah disesuaikan dengan fitrah (kodrat) manusia sebagai makhluk yang istimewa. Dan hanya dalam Islam-lah kita akan mendapatkan pelayanan yang semestinya.

Segala kecenderungan hati manusia mendapatkan porsinya yang adil. Jika ada semacam larangan-larangan, maka itu sesungguhnya hanyalah sebagai pagar agar derajat manusia tidak terjatuh dan hina sebagaimana makhluk lain yang tidak lebih mulia daripada manusia. Karena Allah Yang Mahatahu dan bijaksana tak pernah salah dalam menciptakan sesuatu. Dia menciptakan manusia, maka Dia pula yang membuat aturan bagaimana seharusnya yang dilakukan manusia. Jika suatu pabrik mengeluarkan sebuah produk, maka pabrik itu juga yang akan menerbitkan buku petunjuk operasionalnya. Maka sangat tidak rasional jika mobil merek A menggunakan buku panduan operasi keluaran pabrik B. Demikianlah. Selamat bergabung dengan ajaran Islam yang penuh dengan kesantunan dan memelihara keluhuran budi pekerti ini.

Wassalaamu ‘alaikum wa rahmatullaaHi wa barakaatuH.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: