Manfaat Arang

5 Mar

Manfaat Arang
Opini dan Dakwah

Terkadang manusia cenderung menganalogikan sesuatu yang buruk, terbelakang dan kegagalan dengan warna hitam. Sehingga terjadi semacam bid’ah bahwa untuk berkabung seseorang harus mengenakan pakaian hitam. Sepertinya hal ini sudah berlebihan.

Akan tetapi perlu diingat bahwa warna hitam itu sendiri adalah ciptaan Allah Yang Maha Mulia. Meskipun warna hitam tidak pernah disebut dalam rangkaian warna pelangi. Toh orang tidak akan risau ketika memetik manfaat dari benda arang yang berwarna hitam itu, yaitu batangan hitam yang berasal dari kayu yang dibakar di atas tungku sebelum menjadi abu. Nah, dalam proses pembakaran tersebut, terbentuklah lubang-lubang mikro di permukaan arang dan luas permukaan pun menjadi besar. Akibatnya, banyak bagian yang bertabrakan dengan udara dan air sehingga elemen asing terserap ke dalam arang.

Masyarakat luas telah mengenal arang untuk bahan memasak di tungku, terutama untuk memasak makanan dengan cara dipanggang di atas bara, seperti sate dan ayam panggang atau ikan bakar. Namun hal yang lebih penting adalah ternyata dibalik warnanya yang hitam itu justru arang berfungsi sebagai penyaring air bersih. Subhaanallah, Maha Suci Allah !

&

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: