Menghentikan Cegukan

5 Mar

Cara Menghentikan Cegukan
Opini dan Dakwah

Allah Yang Maha Esa [tak ada dua dan tiganya atau lebih] telah menetapkan bahwa hidup ini adalah tempat ujian keimanan seseorang. Apakah manusia bergelimang kesenangan atau kesusahan, semua itu sesungguhnya adalah ujian belaka. Bahkan kesusahan sekecil apa pun, seperti ketika seseorang sedang cegukan. Sangat sia-sia jika kemudian yang terlontar dari mulutnya adalah umpatan-umpatan kotor karena merasa disusahkan oleh apa yang sedang menimpa dirinya itu.

Orang yang belajar akan tahu bahwa diafragma adalah sekat rongga antara dada dan perut, di bawah paru-paru. Sedangkan cegukan adalah suara yang ditimbulkan oleh getaran diafragma ketika lambung membesar. Cegukan bisa disebabkan oleh makanan pedas atau panas yang dimakan bersamaan waktu bernafas. Nah, sesungguhnya di sini akan dipertanyakan adab makan yang telah dicontohkan oleh Nabi kita yang mulia, Muhammad saw. Jangan-jangan ketika makan tidak baca doa terlebih dahulu kemudian menyantap hidangan dengan terburu-buru sehingga lupa mengatur nafas. Jika sudah demikian salah-salah akan menyumpah-nyumpah tidak karuan.

Akan tetapi, bagaimanapun durhakanya manusia, Allah masih Maha Pengasih dan tidak buru-buru menghukum manusia itu. Dia Maha Penerima tobat, bahkan Allah memberikan resep cara menghentikan cegukan, yaitu dengan cara menahan nafas beberapa detik atau dikagetkan, bisa juga dengan air es jika tersedia. Ya Allah, ampunilah kami yang kurang bersyukur kepada-Mu ini…

&

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: