Berbuat Baik terhadap Saudara Seiman

9 Mar

Berbuat Baik terhadap Saudara Seiman
Ukhuwah Islamiyah; Merajut Benang Ukhuwah Islamiyyah;
DR. Abdul Halim Mahmud

Merupakan hak seorang muslim atas saudaranya seagama, agar ia berbuat baik kepadanya. Islam memerintahkan hal ini kepada semua orang, terutama kepada saudaranya sesama muslim.

Salah satu bentuk perbuatan baik adalah berkata, bersikap, dan bertingkah laku baik. Perbuatan baik itu bisa dipahami dari ayat firman Allah yang artinya: “Sesungguhnya Allah memerintahkan kalian agar berlaku adil dan berbuat baik.” (an-Nahl: 90)

Di antara bentuk perbuatan baik [ihsan] adalah seorang muslim beribadah kepada Allah seolah-olah ia melihat-Nya, sebagaimana tersebut dalam sebuah hadits, tatkala beliau ditanya, “Apakah ihsan itu?” Rasulullah saw. menjawab, “Hendaklah engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya, jika engkau tidak bisa melihat-Nya, sesungguhnya Dia melihatmu.”

Yang hendak kita bicarakan di sini adalah perbuatan baik seorang muslim kepada saudara seagama. Ini karena Allah swt. suka apabila makhluk-makhluk-Nya saling berbuat kebaikan, sampai-sampai terhadap burung yang berada dalam sangkar atau kucing yang berada dalam rumahmu.

&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: