Hak Seorang Musim untuk Diringankan Bebannya

16 Mar

Hak Seorang Musim untuk Diringankan Bebannya
Ukhuwah Islamiyah; Merajut Benang Ukhuwah Islamiyyah;
DR. Abdul Halim Mahmud

Salah satu hak seorang muslim atas saudaranya seiman adalah hendaknya saudaranya itu meringankan bebannya dalam segala urusan. Ukhuwah dalam Islam adalah kelemah-lembutan, kasih sayang, dan cinta karena Allah. Ini semua tidak akan sesuai dengan konsep ukhuwah apabila seseorang menuntut saudaranya dengan apa yang memberatkannya.

Memperberat seorang muslim artinya membebaninya dengan sesuatu yang tidak mampu dilaksanakannya kecuali dengan sangat susah payah. Padahal Allah swt. sendiri berfirman yang artinya: “Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan kemampuannya.” (al-Baqarah: 286)

Membebani saudara sesama muslim dengan sesuatu yang tidak sanggup dipikulnya bisa membahayakan dirinya. Padahal Nabi saw. melarang melakukan tindakan yang membahayakan diri seorang mukmin. Ini tercantum dalam hadits yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dengan sanadnya dari Abu Bakar ash-Shiddiq ra. ia berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Terkutuklah orang yang membahayakan atau membuat tipu daya terhadap seorang mukmin.”

Apabila Allah swt tidak membebani kepada seseorang selain yang sesuai dengan kesanggupannya, apakah layak seorang muslim membebani saudaranya dengan sesuatu yang di luar kemampuannya atau memberatkannya?

Meringankan saudara seiman merupakan tuntutan syar’i yang dikuatkan oleh nash-nash Islam dari al-Qur’an dan sunnah Nabi yang suci. Meringankan beban sesama muslim memiliki beberapa etika yang harus dipenuhi, antara lain:

a. Tidak membebani dengan sesuatu yang memberatkan
b. Jangan sampai orang lain meminta untuk dipenuhi hak-haknya
c. Tidak meminta orang lain rendah hati kepadanya
d. Mempergauli saudaranya sesama muslim dengan bersahaja tanpa takalluf [memaksakan diri]
e. Hendaknya seorang muslim berprasangka baik kepada saudaranya, dengan memandangnya lebih baik daripada dirinya sendiri

&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: