Kurikulum

25 Mei

Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat; Abdurrahman An-Nahlawi

Dewasa ini, proses pendidikan lebih bertumpu pada program yang meliputi tujuan, metode, dan langkah-langkah pendidikan dalam membina suatu negerasi pada periode usia dan kalangan umat tertentu. Seluruh program pendidikan yang di dalamnya tercakup masalah-masalah metode, tujuan, tingkatan pengajaran, materi pelajaran setiap tahun ajaran, topik-topik pelajaran, serta aktifitas yang dilakukan setiap siswa pada setiap materi pelajaran terdefinisikan sebagai kurikulum pendidikan.

Di dalam kurikulum manapun, kita akan menemukan kelompok program, tujuan jangka panjang dan jangka pendek, metode pendidikan, intisari materi pelajaran, pengetahuan, serta soal dan ujian yang harus diberikan untuk mengasah atau mengontrol penalaran, perilaku, pengalaman, dan aktifitas siswa. Semua ditujukan untuk mengarahkan siswa pada realisasi tujuan umum: tujuan intelektual, ideologis, ekonomis, politis, dan yuridis. Hal-hal seperti ini merupakan tujuan suatu bangsa bagi warga dan masa depannya, atau bagi warisan peradaban dan agamanya sebagai realisasi yang bertahab serta selaras dengan tingkat periode usia, intelektual, kebudayaan, dan lingkungan.

Berdasarkan pengertian di atas, kurikulum merupakan suatu rencana tingkat pengajaran dan lingkungan sekolah tertentu. Kurikulum pun ditujukan untuk mengantarkan anak didik pada tingkatan pendidikan, perilaku, dan intelektual yang diharapkan membawa mereka pada sosok anggota masyarakat yang berguna bagi bangsa dan masyarakatnya, serta mau berkarya bagi pembangunan bangsa dan perwujudan idealismenya.

&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: