Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Kahfi ayat 50

19 Jul

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Kahfi (Gua)
Surah Makkiyyah; surah ke 18: 110 ayat

tulisan arab alquran surat al kahfi ayat 50“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para Malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam “, maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Rabbnya. Patutkah kamu mengambil dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain dari-pada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (Allah) bagi orang-orang yang zhalim. (QS. Al-Kahfi: 50)

Allah berfirman seraya mengingatkan anak cucu Adam akan permusuhan iblis terhadap mereka dan juga terhadap bapak mereka. Dan Dia juga sangat mengecam orang-orang yang mengikutinya, menentang Pencipta dan Pelindungnya, padahal Dialah yang telah mencipta dan memulai kejadiannya. Dengan kelembuatan-Nya, Dia memberi rizki dan makan. Kemudian setelah itu semua, iblis justru berpaling dan memusuhi Allah Ta’ala. Di mana Dia berfirman: wa idz qulnaa lil malaa-ikati (“Dan ingatlah ketika Kami berfiman kepada para Malaikat,”) yakni, kepada seluruh Malaikat, sebagaimana yang telah dikemukakan pembahasannya di awal Surat al-Baqarah. Usjuduu li aadama (“Sujudlah kamu kepada Adam.”) Yakni, sujud penghormatan, pemuliaan dan pengagungan.

Dan firman-Nya: fasajaduu illaa ibliisa kaana minal jinni (“Maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin.”) Maksudnya, kecuali iblis yang mengkhianati. Asalnya iblis diciptakan dari nyala api, sedangkan Malaikat diciptakan dari cahaya. Sebagaimana yang ditegaskan dalam Shahih Muslim, dari `Aisyah, dari Rasulullah, beliau bersabda: “Para Malaikat itu diciptakan dari nur, dan iblis diciptakan dari nyala api, sedangkan Adam diciptakan seperti yang telah disifatkan kepada kalian.”

Maka pada saat diperlukan, setiap wadah akan menumpahkan isinya dan iblis dikhianati oleh tabi’atnya. Karena itu, iblis bercirikan perilaku Malaikat dan menyerupai mereka dalam beribadah dan dalam melakukan kewajiban. Karena itu, iblis termasuk dalam apa yang diserukan kepada Malaikat dan iblis bermaksiat karena menyalahi urusan itu.

Di sini Allah , mengingatkan bahwa iblis itu termasuk dari golongan jin karena ia diciptakan dari api, sebagaimana yang Dia firmankan berikut ini: “Aku lebih baik darinya. Engkau ciptakan aku dari api sedang Engkau ciptakan Adam dari tanah.” (QS. Al-A’raaf: 12)

Al-Hasan al-Bashri mengemukakan, iblis itu bukan dari golongan Malaikat sama sekali meski sedikit pun, sesungguhnya ia berasal dari golongan jin, sebagaimana Adam as adalah asal manusia. Demikian yang diriwayatkan Ibnu Jarir dengan isnad yang shahih.

Mengenai firman-Nya: kaana minal jinni (“Dia adalah dari golongan jin,”) Ibnu `Abbas mengatakan: “Yakni dari perbendaharaan Jannah, sebagaimana seseorang disebut Makki (dari Makkah) dan Madani (dari Madinah).”

Firman-Nya: fa fasaqa ‘an amri rabbiHii (“Maka ia mendurhakai perintah Rabb-nya.”) Artinya, ia keluar dari ketaatan kepada Allah Ta’ala, karena al-fisqu berarti keluar. Dikatakan, fasaqatir ruthbatu (kurma itu berjatuhan) jika ia telah keluar dari tangkainya, atau fasagatil fa’-ratu min juhriha (tikus itu keluar dari lobangnya), jika ia memang keluarnya untuk melakukan kerusakan.

Kemudian Allah berfirman seraya mengecam dan mencela orang-orang yang mengikuti iblis dan mentaatinya: a fa tattakhidzuunaHu wa dzurriyyataHu auliyaa-a min duunii (“Patutkah kamu mengambil dia dan keturunannya sebagai pemimpin selain dari-Ku.”) Yakni, sebagai pengganti diri-Ku. Oleh karena itu, Dia pun berfirman: bi’sa lidh-dhaalimiina badalan (“Sangat buruklah iblis itu sebagai pengganti (Allah) bagi orang-orang yang zhalim.”

Bersambung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: