Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Mu’minuun ayat 112-116

22 Agu

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Mu’minuun
(Orang-orang Yang Beriman)
Surah Makkiyyah; surah ke 23: 118 ayat

tulisan arab alquran surat al mu'minuun ayat 112-116“Allah bertanya: ‘Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?’ (QS. 23:112) Mereka menjawab: ‘Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung.’ (QS. 23:113) Allah berfirman: ‘Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui.’ (QS. 23:114) Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakanmu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? (QS. 23:115) Maka Mahatinggi Allah, Raja Yang sebenarnya; tidak ada Ilah (yangberhak diibadahi) selain Dia, Rabb (Yang mempunyai) ‘Arsy yang mulia. (QS. 23:116)” (al-Mu’minuun: 112-116)

Allah Ta’ala berfirman seraya memperingatkan mereka atas tindakan mereka menyia-nyaiakan umur mereka yang pendek di dunia ini yang tidak dipergunakan untuk berbuat taat kepada Allah Ta’ala dan beribadah kepada-Nya semata. Seandainya mereka bersabar selama hidup di dunia yang pendek ini, niscaya mereka akan menang, sebagaimana para wali-Nya yang bertakwa:

Qaala kam labits-tum fil ardli ‘adada siniin (“Allah bertanya: ‘Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?”) Maksudnya, berapa lama kalian tinggal di dunia ini?
Qaala labitsnaa yauman au ba’dla yaumin fas-alil ‘aaddiin (“Mereka menjawab: ‘Kami tinggal [di bumi] sehari atau setengah hari,’ Maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung.”)

Qaala il labits-tum illaa qaliilan (“Allah berman: ‘Kalian tidak tinggal [di bumi] melainkan sebentar saja,’”) yakni, dalam waktu yang sangat sebentar sekali. Lau annakum kuntum ta’lamuun (“Kalau kamu sesungguhnya mengetahui.”) Maksudnya, karena kalian lebih mengutamakan yang fana daripada yang abadi, dan karena kalian bertindak tidak baik terhadap diri kalian sendiri, dan kalian tidak mendapatkan murka selama waktu yang cukup pendek tersebut. Seandainya kalian bersabar untuk berbuat taat kepada Allah dan beribadah kepada-Nya, sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang mukmin, niscaya kalian benar-benar menang, sebagaimana yang didapatkan oleh orang-orang mukmin.

Firman Allah Ta’ala: afa hasibtum annamaa khalaqnaakum ‘abatsan (“Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakanmu secara main-main [saja],”) maksudnya, apakah kalian mengira bahwa kalian diciptakan secara sia-sia, tanpa tujuan dan tanpa kehendak pula, serta tanpa hikmah bagi kita. Ada juga yang berpendapat, yakni untuk hal yang tidak bermanfaat, yakni untuk bermain-main dan berbuat tanpa guna, sebagaimana diciptakannya binatang tanpa pahala dan juga tanpa siksaan. Tetapi Kami ciptakan kalian untuk beribadah dan mengerjakan semua perintah Allah.
Wa annakum ilainaa laa turja’uun (“Dan bahwasanya kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?”) Maksudnya, kalian tidak dikembalikan ke alam akhirat?

Firman-Nya: fata’aalallaaHul malikul haqqu (“Maka Mahatinggi Allah, Raja yang sebenarnya.”) Yakni, Mahasuci Allah dari menciptakan sesuatu tanpa guna, karena sesungguhnya Dia adalah Raja yang sebenarnya yang jauh dari semua-nya itu. Laa ilaaHa illaa Huwa rabbul ‘arsyil kariim (“Tidak ada ilah [yang berhak diibadahi] selain Dia, Rabb [Yang mempunyai Arsy yang mulia.”) Dia menyebutkan `Arsy, karena `Arsy merupakan atap bagi semua makhluk. Sekaligus memberikan penyifatan baginya bahwa `Arsy itu sebagai suatu yang sangat indah dipandang dan berbentuk sangat bagus, sebagaimana yang Dia firmankan: fa anabnaa fiiHaa min kulli zaujin kariim (“Lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik.”) (QS. Luqman: 10).

Bersambung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: