Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-Hijr ayat 26-27

22 Sep

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Hijr
Surah Makkiyyah; surah ke 15:99 ayat

tulisan arab alquran surat al hijr ayat 26-27“26. dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. 27. dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.” (al-Hijr: 26-27)

Ibnu ‘Abbas, Mujahid dan Qatadah mengatakan: “Yang dimaksud dengan shalshal di sini adalah tanah liat yang kering.” Nampaknya hal ini seperti firman Allah: khalaqal insaana min shalshaalinng kal fakhkhaari wa khalaqal jaanna mim maarijim min naar (“Allah menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar, dan Allah menciptakan jin dari nyala api.”)(ar-Rahman: 14-15). Dari Mujahid pula: “Shalshal adalah yang berbau busuk, dan menafsirkan satu ayat dengan ayat lain itu lebih utama.” Firman Allah: min hama-im masnuun (“dan lumpur hitam yang diberi bentuk.”) maksudnya dari tanah liat yang licin.

Oleh karena itu diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas bahwa ia mengatakan: “Maksudnya adalah tanah yang basah.”) dari Ibnu ‘Abbas, Mujahid, dan adh-Dhahhak bahwa yang dimaksud dengan al-hama’ al masnuun adalah yang berbau busuk. Ada yang mengatakan bahwa yang dimaksud dengan al-masnun disini adalah yang dituangkan.

Wal jaanna khalaqnaaHu ming qablu (“Dan Kami menciptakan jin sebelumnya.”) sebelum manusia [Adam], min naaris samuum (“Dari api yang sangat panas.”) Ibnu ‘Abbas meriwayatkan: “Yaitu api panas yang mematikan.” Dari ibnu ‘Abbas, ia mengatakan bahwa jin itu diciptakan dari nyala api. Disebutkan dalam hadits shahih: “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api dan Adam diciptakan dari apa yang telah disebutkan kepada kalian.” (diriwayatkan oleh Muslim dan Ahmad dari ‘Aisyah)
Maksud dari ayat ini adalah mengingatkan akan kemuliaan Adam as. kebaikan unsurnya dan kesucian asalnya.

Bersambung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: