Tafsir Ibnu Katsir Surah Ibrahim ayat 49-51

24 Sep

Tafsir Al-Qur’an Surah Ibrahim
Surah Makkiyyah; surah ke 14: 52 ayat

tulisan arab alquran surat ibrahim ayat 49-51“Dan kamu akan melihat orang-orang yang berdosa pada hari itu diikat bersama-sama dengan belenggu. (QS. 14:49) Pakaian mereka adalah dari pelangkin (ter) dan muka mereka ditutup oleh api neraka, (QS. 14:50) agar Allah memberi pembalasan kepada tiap-tiap orang terhadap apa yang usahakan. Sesungguhnya Allah Mahacepat hisab-Nya. (QS. 14:51)” (QS. Ibrahim: 49-51)

Allah berfirman: tubaddalul ardlu ghairal ardli was samaawaatu (“Yaitu pada hari [ketika] bumi diganti dengan bumi yang lain dan [demikian pula] langit.”) dan makhluk semuanya keluar untuk menghadap Rabbnya, maka kamu hai Muhammad pada hari itu akan melihat orang-orang yang berdosa oleh sebab kekafiran dan kerusakan mereka: muqarraniina (“Diikat bersama-sama dengan belenggu.”) Maksudnya, antara yang satu dengan lainnya, dikumpulkan dengan kelompok lain yang sama di antara mereka.

Al-ashfad adalah tali (belenggu) sebagaimana dikatakan oleh Ibnu ‘Abbas, Sa’id bin Jubair, al-A’masy dan `Abdurrahman bin Zaid dan ini adalah yang masyhur dalam bahasa Arab. `Amr bin Kultsum berkata:
Mereka kembali dengan membawa pakaian dan tawanan.
Dan kami kembali dengan raja-raja yang diikat.

Firman Allah: saraabiiluHum min qathiraan (“Pakaian mereka adalah dari pelangkin”) maksudnya, pakaian yang mereka kenakan terbuat dari ter, yaitu bahan yang digunakan untuk mengecat unta. Qatadah mengatakan, “qathiran” itu adalah bahan yang paling lekat dengan api.

Ibnu `Abbas mengatakan: “Qathiran adalah kuningan yang meleleh.” Mungkin ia membacanya: “SaraabiiluHum min qathran,” yaitu pakaian mereka dari kuningan panas yang panasnya telah mencapai puncak. Makna ini juga diriwayatkan dari Mujahid, `Ikrimah, Sa’id bin Jubair, al-Hasan dan Qatadah.

Wa taghsyaa wujuuHa Humun naar (“Dan muka mereka ditutup oleh api neraka,”) seperti firman Allah yang artinya: “Muka mereka dibakar api neraka dan mereka di dalam neraka itu dalam keadaan cacat.” (QS. Al-Mu’minuun: 104)

Imam Ahmad rahimahullah meriwayatkan dari Abu Malik al-Asy’ari, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda: “Ada empat perkara pada umatku yang berasal dari (adat) Jahiliyyah yang tidak mereka tinggalkan yaitu; membanggakan keturunan, melecehkan nasab, menisbatkan turunnya hujan kepada bintang, meratapi mayit (dengan suara yang keras). Perempuan yang meratapi mayit dengan suara keras itu, jika tidak bertaubat sebelum meninggal, maka pada hari Kiamat akan dibangkitkan sedang dia dalam keadaan memakai pakaian dari qathiran (ter) dan baju dari penyakit kudis.” (HR. Muslim)

Firman Allah Ta’ala: liyajziyallaaHu kulla nafsim maa kasabat (“Agar Allah memberikan balasan kepada tiap-tiap orang terhadap apa yang ia usahakan.”) pada hari Kiamat, sebagaimana firman-Nya yang artinya: “Agar Allah membalas orang-orang yang berbuat jahat dengan apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. An-Najm: 31)

innallaaHa sarii’ul hisaab (“Sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.”) Ada kemungkinan seperti firman Allah yang artinya: “Telah dekat kepada manusia hari penghisaban amalan mereka, sedang mereka dalam kelalaian lagi berpaling daripadanya,” (QS. Al-Anbiyaa’: 1)

Ada kemungkinan pula bahwa waktu Allah dalam menghisab hamba-Nya itu cepat selesai karena Allah mengetahui segala sesuatu dan tidak ada yang tersembunyi sama sekali, semua makhluk ini menurut kekuasaan Allah seperti satu orang saja di antara mereka, sebagaimana firman Allah yang artinya: “Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kamu sekalian dari kubur itu melainkan hanyalah seperti menciptakan dan membangkitkan satu jiwa saja.” (QS. Luqman: 28). Inilah makna dari pendapat Mujahid.

Sarii’ul hisaab (“Sangat cepat hisabnya,”) hisab artinya ihsha’ (perhitungan). Ada kemungkinan juga bahwa makna yang dimaksud adalah kedua-duanya. WallaHu a’lam

bersambung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: