Tafsir Ibnu Katsir Surah Yusuf ayat 37-38

27 Sep

Tafsir Al-Qur’an Surah Yusuf
Surah Makkiyyah; surah ke 12: 111 ayat

tulisan arab alquran surat yusuf ayat 37-38“Yusuf berkata: ‘Tidak disampaikan kepada kamu berdua makanan yang akan diberikan kepadamu melainkan aku telah dapat menerangakan jenis makanan itu, sebelum makanan itu sampai kepadamu. Yang demikian itu adalah sebagian dari apa yang diajarkan kepadaku oleh Rabbku. Sesungguhnya aku telah meninggalkan agama orang-orang yang tidak beriman kepada Allah, sedang mereka ingkar kepada had kemudian. (QS. 12:37) Dan aku mengikut agama bapak-bapakku yaitu Ibrahim, Ishaq, Ya’qub. Tiadalah patut bagi kami (para Nabi) mempersekutukan sesuatu apapun dengan Allah. Yang demikian itu adalah dari karunia Allah kepada kami dan kepada manusia (seluruhnya); tetapi kebanyakan manusia itu tidak bersyukur.’ (QS. 12:38)” (Yusuf: 37-38)

Yusuf as. memberitahukan kepada mereka berdua bahwa apapun mimpi mereka, dia dapat mengetahui tafsirannya dan memberitahukan ta’birnya sebelum hal itu terjadi. Oleh karena itu, ia mengatakan: laa ya’tiikumaa tha’aamun turzaqaaniHii illaa nabba’tukumaa bita’wiiliHii (“Tidak disampaikan kepada kalian berdua makanan yang akan diberikan kepada kalian melainkan aku telah dapat menerangkan jenis makanan itu sebelum makanan itu sampai kepadamu.”)

Mujahid mengatakan: laa ya’tiikumaa tha’aamun turzaqaaniHii (“Tidak disampaikan kepada kalian berdua makanan yang akan diberikan kepada kalian.”) pada hari ini; illaa nabba’tukumaa bita’wiiliHii (“Melainkan aku dapat menerangkan jenis makanan itu sebelum makanan itu sampai kepadamu”) kemudian Yusuf berkata: “Hal ini semata-mata karena pemberitahuan Allah kepadaku, karena aku menjauhi agama orang-orang yang kafir kepada Allah dan kepada hari akhir; mereka tdak mengharapkan pahala atau hukuman di akhirat.”

Wattaba’tu millata aabaa-ii ibraaHiima wa ishaaqa wa ya’quuba (“Dan aku mengikuti agama bapak-bapakku, yaitu Ibrahim; Ishaq dan Ya’qub.”) Maksudnya, aku menjauhi jalan kekafiran dan kemusyrikan serta memilih untuk mengikuti jalan para Rasul tersebut. Semoga shalawat dan salam dilimpahkan atas mereka semua.

Demikianlah keadaan orang yang mengikuti jalan petunjuk dan jalan para Rasul serta keadaan orang yang berpaling dari jalan orang-orang yang sesat, Allah pasti memberikan petunjuk kepada hatinya dan mengajari yang tidak diketahuinya, lalu menjadikannya pemimpin yang diikuti dalam berbuat kebaikan dan berdakwah ke jalan yang benar.

Maa kaana lanaa an nusyrika billaaHi min syai-in dzaalika min fadl-lillaaHi ‘alainaa wa ‘alan naasi (“Tidaklah patut bagi kami [para Nabi] mempersekutukan sesuatu apapun dengan Allah, yang demikian itu adalah dari karunia Allah kepada kami dan kepada manusia seluruhnya.”)

Tauhid seperti itu, yaitu: mengakui bahwa tidak ada ilah yang haq selain Allah, satu-satunya, tanpa sekutu bagi-Nya adalah: min fadl-lillaaHi (“Dari karunia Allah”) kepada kita, maksudnya diwahyukan dan diperintahkan kepada kami; wa ‘alan naasi (“dan kepada semua manusia”) dengan menjadikan kami sebagai juru dakwah yang mengajak kepada tauhid itu; wa laakinna aktsaran naasi laa yasykuruun (“Tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur”) maksudnya mereka tidak mengetahui nikmat Allah yang telah diberikan kepada mereka dengan diutusnya para Rasul kepada mereka.

“Bahkan mereka menggantikan nikmat Allah itu dengan kekafiran dan menempatkan kaum mereka di kampung kehancuran.” (QS. Ibrahim: 28)

Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Ibnu `Abbas, bahwa ia menyebut kakek sebagai bapak; dan ia (Ibnu `Abbas) mengatakan: “Demi Allah, siapa yang menghendaki, akan kulaknat di dekat Hajar Aswad (Ka’bah), Allah tidak menyebutkan kakek atau nenek (di dalam al-Qur’an).” Allah berfirman, yakni memberitakan tentang Yusuf as: Wattaba’tu millata aabaa-ii ibraaHiima wa ishaaqa wa ya’quuba (“Dan aku mengikuti agama bapak-bapakku, yaitu Ibrahim; Ishaq dan Ya’qub.”)

bersambung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: