Tafsir Ibnu Katsir Surah Yusuf ayat 78-79

27 Sep

Tafsir Al-Qur’an Surah Yusuf
Surah Makkiyyah; surah ke 12: 111 ayat

tulisan arab alquran surat yusuf ayat 78-79“Mereka berkata: ‘Wahai al-‘Aziz, sesungguhnya ia mempunyai ayah yang sudah lanjut usianya, lantaran itu ambillah salah seorang di antara kami sebagai gantinya, sesungguhnya kami melihat engkau termasuk orang-orang yang berbuat baik.’ (QS. 12:78) Berkata Yusuf ‘Aku mohon perlindungan kepada Allah daripada menahan seorang, kecuali orang yang kami temukan harta benda kami padanya, jika kami berbuat demikian maka benar-benarlah kami orang-orang yang dhalim.’ (QS. 12:79)” (Yusuf: 78-79)

Setelah ditetapkan bahwa Bunyamin yang mengambil, dan diputuskan bahwa ia ditahan di tempat Yusuf sesuai dengan pengakuan mereka, mereka pun memohon belas-kasihan kepadanya seraya mengatakan: yaa ayyuHal ‘aziizu inna laHuu aban syaikhan kabiiran (“Wahai al- Aziz, sesungguhnya ia mempunyai ayah yang sudah lanjut usia.”) maksud mereka, sedang ia sangat mencintainya dan menjadi penghibur duka lara atas kepergian anaknya yang hilang.

Fakhudz ahadanaa makaanaHu (“Lantaran itu ambillah salah seorang di antara kami sebagai Gantinya.”) yang akan menggantikannya ditahan di rumahmu. Innaa naraaka minal muhsiniin (“Sesungguhnya kami melihat engkau termasuk orang-orang yang suka berbuat baik.”) Maksudnya, orang-orang yang adil, bijaksana dan menerima kebaikan.

Qaala ma’aa dzallaaHi an na’khudza illaa maw wajadnaa mataa’anaa ‘indaHu (“Yusuf berkata: ‘Aku minta perlindungan kepada Allah dari menahan seseorang selain orang yang kami temukan barang kami padanya,’”) sesuai dengan kata-kata dan pengakuan kalian; innaa idzal ladhaalimuun (“Jika kami berbuat demikian, maka benar-benarlah kami orang yang dhalim,”) maksudnya, bila kami menahan orang yang tak berdosa sebagai pengganti orang yang telah berbuat salah.

Bersambung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: