Tafsir Ibnu Katsir Surah Huud ayat 77-79

30 Sep

Tafsir Al-Qur’an Surah Huud
Surah Makkiyyah; surah ke 11: 123 ayat

tulisan arab alquran surat huud ayat 77-79“Dan tatkala datang utusan-utusan Kami (para Malaikat) itu kepada Luth, dia merasa susah dan merasa sempit dadanya karena kedatangan mereka, dan dia berkata: ‘Ini adalah hari yang amat sulit.’(QS. 11:77) Dan datanglah kepadanya kaumnya dengan bergegas-gegas. Dan sejak dahulu mereka selalu melakukan perbuatan-perbuatan yang keji. Luth berkata: ‘Hai kaumku, inilah puteri puteri (negeri)ku, mereka lebih suci bagimu, maka bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu mencemarkan (nama)ku terhadap tamuku ini. Tidak adakah di antaramu seorang yang berakal?’ (QS. 11:78) Mereka menjawab: ‘Sesungguhnya kamu telah tahu bahwa kami tidak mempunyai keinginan terhadap puteri-puterimu; dan sesungguhnya kamu tentu mengetahui apa yang sebenarnya kami kehendaki.’ (QS. 11:79)” (Huud: 77-79)

Allah menceritakan dalam ayat ini tentang kedatangan utusan-utusan-Nya dari Malaikat kepada Nabi Luth as. setelah para Malaikat itu memberitahukan kepada Ibrahim as. tentang akan terjadinya penghancuran kaum Nabi Luth’ pada malam hari itu. Mereka bertolak dari tempat Ibrahim as. untuk datang berkunjung kepada Nabi Luth as. Sedangkan dia, menurut suatu pendapat berada di kebunnya dan pendapat lain dia berada di rumahnya, mereka datang kepadanya dengan penampilan rupa yang sangat indah, dalam bentuk pemuda yang sangat tampan, sebagai ujian dari Allah dan Allah mempunyai hikmah dan dalil yang nyata, maka keadaan mereka membuat Luth as. resah dan khawatir jika dia tidak menerima mereka sebagai tamu (menjamu), mereka akan diterima oleh salah seorang dari kaumnya, lalu mereka mendapat perlakuan buruk.

Wa qaala Haadzaa yaumun ‘ashiib (“Dan dia berkata: ‘Ini adalah hari yang amat sulit.’”) Ibnu `Abbas dan lainnya berkata: “Cobaannya sangat berat, yaitu diketahui bahwa Luth ingin melindungi mereka dan untuk melakukan hal itu, terasa sulit baginya.”

Firman-Nya: yuHra’uuna ilaiHi (“Dengan bergegas,”) maksudnya, mereka cepat-cepat dan bergegas karena sangat gembiranya dengan hal itu.
Dan firman-Nya: wa min qablu kaanuu ya’maluunas sayyi-aati ( “Dan sejak dahulu mereka selalu melakukan perbuatan perbuatan yang keji.”) Maksudnya, seperti inilah sifat mereka, sehingga mereka disiksa dalam keadaan seperti itu.

Firman-Nya: qaala yaa qaumi Haa-ulaa-i banaatii Hunna ath-Haru lakum (“Luth berkata: ‘Hai kaumku, inilah puteri puteri [negeri]ku mereka Iebih suci bagimu.’”) Dia mengarahkan mereka kepada perempuan-perempuan mereka, karena seorang Nabi terhadap umatnya adalah bagaikan ayah, maka dia mengarahkan mereka kepada hal yang lebih berguna untuk mereka di dunia dan akhirat.

Dan firman-Nya: fat taqullaaHa wa laa tukhzuuni fii dlaifii (“Maka bertakwalah kepada Allah, dan janganlah kamu mencemarkan [nama]ku terhadap tamuku ini.”) Maksudnya, terimalah apa yang diperintahkan untuk kalian yaitu hanya merasa puas (membatasi diri) terhadap perempuan kami.

Alaisa minkum rajulur rasyiid (“Tidak adakah di antaramu seorang yang berakal?”) Maksudnya, di dalamnya ada kebaikan, yaitu bila menerima apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang.

Qaaluu laqad ‘alimta maa lanaa fii banaatika min haqqi (“Mereka menjawab: ‘Sesungguhnya kamu telah tahu bahwa kami tidak mempunyai keinginan terhadap puteri-puterimu.’”) Maksudnya, sesungguhnya kamu mengetahui bahwa perempuan-perempuan kami tidak menarik dan kami tidak berhasrat kepada mereka.

Wa innaka ta’lamu maa nuriid (“Dan sesungguhnya kamu tentu mengetahui apa yang sebenarnya kami kehendaki.”) Maksudnya, kami tidak ada hasrat kecuali kepada laki-laki dan kamu mengetahui hal itu, maka kami tidak perlu lagi untuk mengulangi perkataan tentang hal itu.

As-Suddi berkata: Wa innaka ta’lamu maa nuriid (“Dan sesungguhnya kamu tentu mengetahui apa yang sebenarnya kami kehendaki.”) kami hanyalah menginginkan laki-laki.

Bersambung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: