Tafsir Ibnu Katsir Surah Huud ayat 93-95

1 Okt

Tafsir Al-Qur’an Surah Huud
Surah Makkiyyah; surah ke 11: 123 ayat

tulisan arab alquran surat huud ayat 93-95“Dan (dia berkata): ‘Hai kaumku, berbuatlah menurut kemampuanmu, sesungguhnya aku pun berbuat (pula). Kelak kamu akan mengetahui siapa yang akan ditimpa adzab yang menghinakannya dan siapa yang berdusta. Dan tunggulah adzab (Rabb), sesungguhnya aku pun menunggu bersama kamu.’ (QS. 11:93) Dan tatkala datang adzab Kami, Kami selamatkan Syu’aib dan orang-orang yang beriman bersama-sama dengannya dengan rahmat dari Kami dan orang-orang yang dhalim dibinasakan oleb satu suara yang mengguntur, lalu jadilah mereka bergelimpangan di tempat tinggalnya. (QS. 11:94) Seolah-olah mereka belum pernah berdiam di tempat itu. Ingatlah, kebinasaanlah bagi penduduk Madyan sebagaimana telab binasanya kaum Tsamud. (QS. 11:95)” (Huud: 93-95)

Ketika Nabi Allah Syu’aib telah berputus asa dari tanggapan mereka terhadapnya, dia berkata: “Hai kaumku; i’maluu ‘alaa makaanatikum (“Berbuatlah menurut kemampuanmu.”) Maksudnya, caramu ini adalah ancaman yang keras. Innii ‘aamilun (“Sesungguhnya aku pun berbuat [pula],”) atas caraku.
Saufa ta’lamuuna may ya’tiiHi ‘adzaabuy yukhziiHi wa man Huwa kaadzib (“Kelak kamu akan mengetahui siapa yang akan ditimpa adzab yang menghinakannya dan siapa yang berdusta.”) Maksudnya, siapa di antara aku dan kamu.
Wartaqibuu (“Dan tunggulah adzab [Rabb].”) Maksudnya, nantikanlah oleh kalian. Innii ma’akum raqiib (“Sesungguhnyaaku pun menunggu bersama kamu.”)

Allah Ta’ala berfirman: wa lammaa jaa-a amrunaa najjainaa syu’aibaw wal ladziina aamanuu ma’aHuu birahmatim minnaa wa akhadzatil ladziina dhalamuu fa ash-bahuu fii diyaariHim jaatsimiin.
(“Dan tatkala datang adzab Kami, Kami selamatkan Syu’aib dan orang-orang yang beriman bersama-sama dengan dia dengan rahmat dari Kami dan orang-orang yang dhalim dibinasakan oleb satu suara yang mengguntur, lalu jadilah mereka mati bergelimpangan di rumahnya.”)

Firman-Nya: mati bergelimpangan; maksudnya, mereka binasa, tidak bergerak. Dan disebutkan di surat ini, bahwa mereka terkena teriakan (suara keras), dan pada surat al-A’raaf ada goncangan, sedangkan pada surat asy-Syu’araa’ ada siksaan pada hari yang berawan, mereka adalah satu umat, pada hari mereka disiksa dalam keadaan berkumpul, semuanya.

Sesungguhnya, disebutkan pada setiap ungkapan kalimat dengan ungkapan kalimat yang sesuai dengannya, maka pada surat al-A’raaf ketika mereka berkata: “Sesungguhnya kami akan mengusir kamu hai Syu’aib dan orang-orang yang beriman bersamamu dari kota kami.” (QS. Al-A’raaf: 88)

Sesuai, jika di sini (pada surat al-A’raaf) disebutkan “goncangan”, maka bergoncanglah bumi atas mereka yang melakukan kedhaliman dan menginginkan untuk mengeluarkan Nabi mereka dari buminya. Dan pada surat ini, ketika mereka melakukan ketidaksopanan dalam ucapan mereka terhadap Nabi mereka, maka Allah menyebutkan teriakan (suara keras yang dahsyat) yang membinasakan mereka. Dan pada surat asy-Syu’araa’, ketika mereka berkata: “Maka jatuhkanlah atas kami gumpalan dari langit, jika kamu termasuk orang-orang yang benar.” (QS. Asy-Syu’araa’: 187)

Allah berfirman: fa akhadzaHum ‘adzaabu yaumidh dullati innaHuu kaana ‘adzaaba yaumin ‘adhiim (“Lalu mereka ditimpa adzab pada hari mereka dinaungi awan. Sesungguhnya adzab
itu adalah adzab hari yang sangat dahsyat.”) (QS. Asy-Syu’araa’: 189)

Ini adalah termasuk rahasia-rahasia Allah yang halus dan hanya bagi Allahlah pujian dan anugerah sebanyak-banyaknya, sepanjang masa.

Dan firman-Nya: ka allam yaghnau fiiHaa (“Seolah-olah mereka belum pernah berdiam di tempat itu.”) Maksudnya, seolah-olah mereka belum pernah hidup di rumah mereka sebelum itu. Alaa bu’dal limadyana kamaa ba’idat tsamuud (“Ingatlah, kebinasaanlah bagi penduduk Madyan sebagaimana kaum Tsamud telah binasa,”) mereka adalah tetangga dekat dalam satu negeri dan menyerupai mereka dalam kekafiran, pembegal dan mereka adalah orang-orang seperti mereka.

Bersambung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: