Tafsir Ibnu Katsir Surah Yunus ayat 4

3 Okt

Tafsir Al-Qur’an Surah Yunus
Surah Makkiyyah; surah ke 10: 109 ayat

tulisan arab alquran surat yunus ayat 4“4. hanya kepadaNyalah kamu semuanya akan kembali; sebagai janji yang benar daripada Allah, Sesungguhnya Allah menciptakan makhluk pada permulaannya kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali (sesudah berbangkit), agar Dia memberi pembalasan kepada orang-orang yang beriman dan yang mengerjakan amal saleh dengan adil. dan untuk orang-orang kafir disediakan minuman air yang panas dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka.” (Yunus: 4)

Allah Ta’ala memberi kabar, bahwa sesungguhnya kepada-Nyalah tempat kembalinya para makhluk pada hari kiamat, Allah tidak meninggalkan satu [seorang] pun dari mereka hingga mengembalikannya, sebagaimana Allah memulainya. Kemudian Allah Ta’ala (Yang Mahatinggi) menyebutkan, bahwa sesungguhnya Allah mengembalikan makhluk sebagaimaan Allah memulainya, “Dan Dia-lah yang menciptakan [manusia] dari permulaan, kemudian mengembalikan [menghidupkan]nya kembali, dan menghidupkan kembali itu adalah lebih mudah bagi-Nya.” (ar-Ruum: 27).

Liyaj-ziyal-ladziina aamanuu wa’amilush shaalihaati bilqisthi (“Agar Allah memberi pembalasan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dengan adil.”) maksudnya, dengan pembalasan yang adil dan setimpal.
Walladziina kafaruu laHum syaraabum min hamiimiw wa’adzaabun aliimum bimaa kaanuu yakfuruun (“Dan untuk orang-orang kafir disediakan minuman air yang panas dan adzab yang pedih disebabkan kekafiran mereka.”) maksudnya,disebabkan kekafiran mereka, mereka disiksa pada hari kiamat dengan berbagai macam siksaan, berupa angin panas, air panas dan naungan asap yang hitam.

Bersambung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: