Tafsir Ibnu Katsir Surah Yunus ayat 87

8 Okt

Tafsir Al-Qur’an Surah Yunus
Surah Makkiyyah; surah ke 10: 109 ayat

tulisan arab alquran surat yunus ayat 87“Dan Kami wahyukan kepada Musa dan saudaranya: ‘Ambillah olehmu berdua beberapa buah rumah di Mesir untuk tempat tinggal bagi kaummu dan jadikanlah olehmu rumah-rumahmu itu tempat shalat dan dirikanlah olehmu shalat serta gembirakanlah orang-orang yang beriman.” (QS. Yunus: 87)

Allah menyebutkan sebab penyelamatan-Nya terhadap Bani Israil Fir’aun dan kaumnya serta cara pembebasan mereka, yaitu sesungguhnya Allah Ta’ala menyuruh Musa dan saudaranya Harun agar mereka berdua memerintahkan kaumnya agar mereka tinggal di beberapa rumah, di negeri Mesir.

Ahli tafsir berbeda pendapat dalam makna firman Allah Ta’ala: waj’aluu buyuutakum qiblatan (“Jadikanlah olehmu rumah-rumahmu itu tempat shalat.”) Ats-Tsauri dan lainnya berkata dari Khashif, dari `Ikrimah, dari Ibnu Abbas berkata bahwa maksudnya mereka diperintah untuk menjadikannya masjid.

Ats-Tsauri berkata juga dari Ibnu Manshur dari Ibrahim mengatakan: mereka waktu itu berada dalam ketakutan, maka mereka diperintah shalat rumah mereka, begitu juga Mujahid, Abu Malik, ar-Rabi’ bin Anas, adh-Dhahhak, `Abdur Rahman bin Zaid bin Aslam dan Abu Zaid bin Aslam berkata: “Kelihatannya memang demikian.” Wallahu a’lam.

Ketika siksaan-siksaan dan tekanan-tekanan Fir’aun dan kaumnya semakin keras terhadap mereka, mereka disuruh memperbanyak shalat, sebagaimana firman Allah yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat.” (QS. Al-Baqarah: 153)

Dan diriwayatkan dalam hadits bahwa Rasulullah jika sedang menghadapi masalah, beliau melakukan shalat. Hadits dikeluarkan oleh Abu Dawud.

Untuk itu, Allah Ta’ala berfirman dalam ayat ini: waj’aluu buyuutakum qiblataw wa aqiimush shalaata wa basy-syiril mu’miniin (“Jadikanlah olehmu rumah-rumahmu itu tempat shalat dan dirikanlah olehmu shalat, serta gembirakanlah orang-orang yang beriman.”)

Sa’id bin Jubair berkata: waj’aluu buyuutakum qiblatan (“Jadikanlah olehmu rumah-rumahmu itu tempat shalat.”) Maksudnya, saling berhadap-hadapan.

Bersambung

Satu Tanggapan ke “Tafsir Ibnu Katsir Surah Yunus ayat 87”

  1. S.gono 21 Januari 2021 pada 19.06 #

    Terimakasih atas informasinya dari tafsir Ibnu Katsir ini .sehin
    Sehingga menambah kemantaban dalam menjalani ibadah di rumah disamping dimasjid.barokalloh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: