Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-A’raaf ayat 93

15 Okt

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-A’raaf (Tempat Tertinggi)
Surah Makkiyyah; surah ke 7: 206 ayat

tulisan arab alquran surat al a'raaf ayat 93“Maka Syu’aib meninggalkan mereka seraya berkata: ‘Hai kaumku, sesungguhnya aku telah menyampaikan kepadamu amanat-amanat Rabbku dan aku telah memberi nasehat kepadamu. Maka bagaimana aku akan bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir.’” (QS. al-A’raaf: 93)

Maka Nabi Syu’aib pun meninggalkan mereka setelah mereka ditimpa adzab, penderitaan dan siksaan. Nabi Syu’aib berkata kepada mereka, yang mana merupakan sebuah celaan dan kecaman:
Yaa qaumi laqad ablaghtukum risaalaati rabbii wa nasahtu lakum (“Hai kaumku, sesungguhnya aku telah menyampaikan kepadamu amanat-amanat Rabbku dan aku telah memberi nasehat kepadamu.”) Artinya, aku telah menyampaikan kepada kalian, risalah yang diamanatkan kepadaku, untuk itu tidak ada penyesalan (kesedihan) untuk kalian, karena kalian telah ingkar terhadap apa yang aku bawa kepada kalian.

Oleh karena itu Syu’aib berkata: fa kaifa aasaa ‘alaa qaumin kaafiriin (“Maka bagaimana aku akan bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir?”)

bersambung

Tinggalkan Balasan

