Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-A’raaf ayat 111-112

29 Nov

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-A’raaf (Tempat Tertinggi)
Surah Makkiyyah; surah ke 7: 206 ayat

tulisan arab alquran surat al a'raaf ayat 111-112“Pemuka-pemuka itu menjawab: ‘Beritangguhlah dia dan saudaranya serta kirimlah ke kota-kota beberapa orang yang akan mengumpulkan (ahli-ahli sihir), (QS. 7:111) supaya mereka membawa kepadarnu semua ahli sihir yang pandai.’ (QS. 7:112)” (al-A’raaf: 111-112)

Ibnu ‘Abbas berkata: Kata “arjiH” artinya “akhirkanlah”. Sedangkan Qatadah mengatakan: “arjiH” berarti “tahanlah.” Dan kata “arsil” berarti “kirimkanlah.” Fil madaa-ini (“di kota-kota”) maksudnya ke beberapa wilayah kekuasaanmu, orang-orang yang akan mengumpulkan ahli sihir untukmu (Fir’aun) dari seluruh pelosok negeri. Sihir pada masa itu amat dominan dan menonjol. Dan banyak orang yang menyakini dan menduga, bahwa apa yang dibawa Musa as. termasuk jenis permainan para tukang sihir mereka. Oleh karena itu, mereka mengumpulkan ahli sihir untuk Fir’aun guna melawan Musa dengan memperlihatkan tandingan terhadap berbagai mukjizat yang nyata.

Sebagaimana yang diberitahukan Allah mengenai Fir’aun, di mana dia (Fir’aun) berkata, “Apakah kamu datang kepada kami untuk mengusir kami dari negeri kami ini dengan sihirmu, hai Musa? Dan kami pun pasti akan mendatangkan pula kepadamu sihir semacam itu, maka buatlah suatu waktu untuk pertemuan antara kami denganmu, yang kami tidak akan menyalahimu dan tidak pula kamu, di suatu tempat yang pertengahan (letaknya).” Musa berkata, “Waktu untuk pertemuan (kami dengan)mu itu adalah pada hari raya dan hendaklah dikumpulkan manusia pada waktu matahari sepenggalahan naik.” Maka Fir aun meninggalkan (tempat itu), dan selanjutnya ia mengatur tipu dayanya, kemudian ia datang.” (QS. Thaahaa: 57-60)

Dan di sini Allah berfirman dalam ayat berikutnya:

&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: