Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-A’raaf ayat 115-116

30 Nov

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-A’raaf (Tempat Tertinggi)
Surah Makkiyyah; surah ke 7: 206 ayat

tulisan arab alquran surat al a'raaf ayat 115-116“Ahli-ahli sihir berkata: ‘Hai Musa, kamulah yang akan melempar lebih dahulu, ataukah kami yang akan melemparkan?’ (QS. 7:115) Musa menjawab: ‘Lemparkanlah (lebih dahulu)!’ Maka tatkala mereka melemparkan, mereka menyulap mata orang dan menjadikan orang banyak itu takut, serta mereka mendatangkan sihir yang besar (menakjubkan). (QS. 7:116)” (al-A’raaf: 115-116)

Demikianlah tantangan para ahli sihir yang ditujukan kepada Musa, yaitu pada ucapan mereka: immaa an tulqiya wa immaa an nakuuna nahnul mulqiin (“Kamu yang akan melemparkan lebih dahulu, ataukah kami yang akan melemparkan?”) Maksudnya, kami akan lemparkan terlebih dahulu sebelummu. Maka Musa as. berkata kepada mereka: “Melemparlah kalian terlebih dahulu.”

Ada yang mengatakan, hikmah dari pelemparan pertama oleh mereka itu -wallahu allam- adalah supaya orang-orang melihat dan memperhatikan apa yang mereka perbuat. Jika mereka selesai dari kebathilan dan tipu daya para tukang sihir itu, maka datanglah kebenaran yang jelas dan nyata, setelah dicari dan ditunggu-tunggu oleh mereka kedatangannya, sehingga apa yang dilakukan Musa itu lebih berpengaruh dalam jiwa.

Oleh karena itu, Allah Ta’ ala berfirman: falammaa alquu saharuu a’yunan naasi wastarHabuuHum (“Maka tatkala mereka melemparkan, mereka menyulap mata orang dan menjadikan orang banyak itu takut.”) Maksudnya, mereka menipu pandangan manusia bahwa apa yang mereka lakukan itu benar-benar nyata, padahal hal itu tidak lain hanya tipu daya. Sebagaimana firman Allah Ta’ala yang artinya: “Maka tiba-tiba tali-tali dan tongkat-tongkat mereka terbayang kepada Musa seakan-akan ia merayap cepat lantaran sihir mereka.” (QS. Thaahaa: 66)

Oleh karena itu, Allah berfirman: wa jaa-uu bisihrin ‘adhiim (“Dan mereka mendatangkan sihir yang besar [menakjubkan]”)

&

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: