Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-A’raaf ayat 138-139

30 Nov

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-A’raaf (Tempat Tertinggi)
Surah Makkiyyah; surah ke 7: 206 ayat

tulisan arab alquran surat al a'raaf ayat 138-139“Dan Kami seberangkan Bani Israil ke seberang lautan itu, maka setelah mereka sampai kepada suatu kaum yang tetap menyembah berhala mereka, Bani Israil berkata: ‘Hai Musa, buatlah untuk kami sebuah ilah (berhala) sebagaimana mereka mempunyai beberapa ilah (berhala).’ Musa menjawab: ‘Sesungguhnya kamu ini adalah kaum yang tidak mengetahui (sifat-sifat ilah).’ (QS. 7:138) Sesungguhnya mereka itu akan dihancurkan kepercayaan yang dianutnya dan akan batal apa yang selalu mereka kerjakan. (QS. 7:139)” (al-A’raaf: 138-139)

Allah memberitahukan mengenai apa yang dikatakan oleh beberapa orang Bani Israil yang bodoh kepada Musa setelah mereka berhasil menyeberangi lautan, padahal mereka telah menyaksikan sendiri ayat-ayat Allah dan keagungan kekuasaan-Nya.

Fa atau (“setelah mereka sampai”) yaitu setelah mereka melewati. ‘alaa qaumiy ya’kufuuna ‘alaa ashnaamil laHum (“suatu kaum yang tetap menyembah berhala mereka”) sebagian ahli mufasir mengatakan, “Mereka itu adalah dari penduduk Kan’an.”
Lalu mereka mengatakan:

Yaa muusaj’al lanaa ilaaHan kamaa laHum aaliHatan qaala innakum qaumun tajHaluun (“Hai Musa, buatkanlah kami sebuah ilah [berhala] sebagaimana mereka mempunyai beberapa ilah [berhala].’ Musa menjawab, ‘Sesungguhnya kamu ini adalah kaum yang tidak mengetahui.’”) Artinya, tidak memahami keagungan dan kebesaran Allah serta keharusan menyucikan-Nya dari sekutu dan tandingan.

Firman-Nya: inna Haa-ulaa-i mutabbarum maa Hum fiiHi (“Sesungguhnya mereka itu akan dihancurkan kepercayaan yang dianutnya.”) Yakni, dibinasakan. Wa baathilum maa kaanuu ya’maluun (“Dan akan batal apa yang selalu mereka kerjakan.”)

&

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: