Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-A’raaf ayat 154

3 Des

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-A’raaf (Tempat Tertinggi)
Surah Makkiyyah; surah ke 7: 206 ayat

tulisan arab alquran surat al a'raaf ayat 154“Sesudah amarah Musa menjadi reda, lalu diambilnya (kembali) alwah (Taurat) itu; dan dalam tulisannya terdapat petunjuk dan rahmat untuk orang-orang yang takut kepada Rabbnya.” (QS. al-A’raaf: 154)

Firman Allah: wa lammaa sakata ‘am muusal ghadlabu (“Sesudah amarah menjadi reda,”) yaitu amarahnya terhadap kaumnya. Akhadza alwaaH (“Lalu diambilnya [kembali] alwah [Taurat] itu.”) Yaitu alwah yang dilemparkannya itu, karena amarahnya yang teramat sangat atas tindakan kaumnya menyembah anak lembu, yaitu marah demi Allah Ta’ala dan kecemburuan karena-Nya.

Wa fii nuskhatiHaa Hudaw wa rahmatul lilladziinaHum li rabbiHim yarHabuun (“Dan dalam tulisannya terdapat petunjuk dan rahmat untuk orang-orang yang takut kepada Rabbnya.”) Banyak dari ahli tafsir yang mengatakan bahwa setelah dilemparkan, alwah itu pun pecah berserakan, lalu Musa mengumpulkannya.

Oleh karena itu, sebagian ulama salaf mengatakan bahwa Musa as. mendapatkan petunjuk dan rahmat di dalamnya. Adapun rinciannya sudah lenyap. Mereka berpendapat bahwa beberapa pecahan alwah itu masih ada di tempat penyimpanan raja-raja Bani Israil sampai pada masa Daulah Islamiyyah. Dan hanya Allah Ta’ala yang mengetahui kebenaran hal ini.

Sedangkan dalil nyata yang menunjukkan bahwa alwah, yang berasal dari permata Surga itu pecah setelah dilemparkan, adalah bahwa Allah memberitahukan, setelah Musa mengambil kembali alwah yang telah dilemparnya itu, maka ia mendapatkan di dalamnya: Hudaw wa rahmatul lilladziinaHum li rabbiHim yarHabuun (“Dan dalam tulisannya terdapat petunjuk dan rahmat untuk orang-orang yang takut kepada Rabbnya.”)

Kata rahbah (takut) itu mencakup juga makna ketundukan. Karena itu, ditambahkan dengan huruf lam.

&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: