Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-A’raaf ayat 181

6 Des

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-A’raaf (Tempat Tertinggi)
Surah Makkiyyah; surah ke 7: 206 ayat

tulisan arab alquran surat al a'raaf ayat 181“Dan di antara orang-orang yang Kami ciptakan, ada umat yang memberi petunjuk dengan haq dan dengan yang haq itu (pula) mereka menjalankan keadilan.” (QS. al-A’raaf: 181)

Firman Allah: wa mim man khalaqnaa (“Dan di antara orang-orang yang Kami ciptakan.”) Maksudnya, sebagian umat; ummatun (“[ada] suatu umat”) yang berdiri tegak di atas kebenaran, baik ucapan maupun perbuatan. yaHduuna bilhaqqi (“Yang memberi petunjuk dengan haqq) Mereka mengatakannya dan menyeru kepadanya. Wa biHii ya’diluun (“Dan dengan haq itu [pula] mereka menjalankan keadilan.”) Yaitu mereka mengamalkan dan memutuskan dengannya.

Dalam berbagai atsar telah disebutkan bahwa yang dimaksud dengan umat dalam ayat di atas, adalah umat Muhammad saw. Dan dalam ash-Shahihain (Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim), dari Mu’awiyah bin Abi Sufyan, ia berkata Rasulullah bersabda:
“Akan senantiasa ada sekelompok dari umatku yang tegak di atas kebenaran, tidak membahayakan mereka, orang-orang yang menghinakan mereka, begitu pula orang yang menentang mereka, hingga datang hari Kiamat.”

Dalam riwayat lain disebutkan: “Hingga datang keputusan Allah, sedang mereka tetap dalam keadaan seperti itu.” Dan dalam riwayat lain lagi disebutkan: “Sedang mereka berada di Syam.”

&

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: